alexametrics

Apa itu Barisan Celeng Berjuang yang Bikin Geger?

Rifan Aditya
Apa itu Barisan Celeng Berjuang yang Bikin Geger?
Apa itu Barisan Celeng Berjuang yang Bikin Geger? - Logo barisan celeng pendukung Ganjar Pranowo. [Istimewa]

Polemik Barisan Celeng Berjuang sedang ramai di publik. Lalu apa itu Barisan Celeng Berjuang? Simak penjelasannya berikut ini.

Suara.com - Polemik Barisan Celeng Berjuang sedang ramai di publik. Lalu apa itu Barisan Celeng Berjuang? Simak penjelasannya berikut ini.

Perihal Barisan Celeng Berjuang ini berhubungan dengan partai PDI Perjuangan yang sedang mengalami gejolak. Pemicu bergejolaknya PDIP di Jawa Tengah saat ini adalah pernyataan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang menyebut kader 'celeng' bagi mereka yang telah lebih dahulu mendeklarasikan calon presiden mendahului arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Polemik banteng dan celeng antar kader PDIP tersebut akhirnya sampai ke telinga Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Menurut Ganjar Pranowo, pernyataan Bambang Pacul tersebut merupakan pesan agar seluruh kader tertib aturan. 

Ungkapan celeng yang dilontarkan oleh Ketua DPD PDIP Jateng tersebut juga langsung dieksekusi kader PDIP dengan membuat logo celeng bertaring panjang. Sejumlah kader PDIP membuat 'Barisan Celeng Berjuang'.

Baca Juga: Bambang Pacul Sebut Pendukung Ganjar Celeng: Capres Selain Puan Maharani Dilarang Muncul?

Direktur Eksekutif Indo Strategic, Khoirul Umam, menilai bahwa kemunculan 'Barisan Celeng Berjuang' sebagai perlawanan terhadap gaya demokrasi terpimpin yang dilakukan PDIP. Umam juga menilai bahwa PDIP perlu menyerap masukan yang disampaikan sejumlah kader. 

Menurut Umam, sebagai partai yang menggunakan istilah 'demokrasi' di namanya, PDIP seharusnya bersikap lebih demokratis. Jika memang benar berasal dari kader, maka logo Celeng Berjuang itu merupakan simbol perlawanan terhadap model kepemimpinan ala 'demokrasi terpimpin'.

Sebab, kejadian seperti ini sebenarnya tidak ada dalam varian teori demokrasi manapun. Demokrasi terpimpin yang dimaksud adalah tidak dibukanya masukan dari kader. Kader PDIP dipaksa untuk mengikuti keputusan elite, dan justru akan menimbulkan perpecahan.

Logo Barisan Celeng Berjuang berbentuk kepala celeng dengan taring panjang berwarna putih. Salah satu penggerak SGI Kabupaten Purworejo sekaligus kader PDIP, Eko Lephex, mengaku bahwa dirinya hanya membuat bagian tulisan dari logo tersebut.

Sementara bagian gambarnya diambil dengan melakukan penelusuran di Google. Dirinya juga mengaku tidak memiliki tujuan apapun dalam mencantumkan tulisan Barisan Celeng Berjuang tersebut. Menurutnya, hal tersebut dilakukan hanya iseng belaka.

Baca Juga: Soal Sinisme Banteng-Celeng Jelang Pilpres 2024, Bisa Picu PDIP Pecah?

Sementara itu, Ketua DPC SGI Purworejo, Albertus Sumbogo, mengaku bahwa dirinya prihatin dengan sebutan celeng yang dilontarkan oleh Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul kepada kader PDIP Pro Ganjar.

Komentar