alexametrics

Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaannya

Dany Garjito
Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaannya
Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Simak niat puasa Senin Kamis beserta keutamaan berikut.

Suara.com - Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Puasa Senin Kamis menjadi puasa yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu: "Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk melakukan puasa Senin Kamis, sebab ada banyak keutamaan luar biasa bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim).

Baca Juga: Cara Buang Racun di Tubuh Berdasarkan Al-Quran dan Sains

Untuk lebih lengkapnya simak niat puasa Senin Kamis beserta keutamaan yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

Niat Puasa Senin Kamis

Pelaksanaan puasa senin kamis layaknya seperti puasa Ramadhan yang dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Niat puasa senin kamis dapat dilafalkan saat malam hari maupun disaat pagi hari.

  • Niat Puasa Senin

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala”

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Baca Juga: Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Selama 700 Hari

  • Niat Puasa Kamis

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala”

Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis menjadi puasa yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dari hadist Syekh Abu Zakariya Al-Anshori dalam “Fathul Wahhab”, menyatakan bahwa Senin dan Kamis merupakan hari dimana Rasulullah SAW melakukan puasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amal ku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” [HR Tirmidzi dan selainnya]

  1. Melatih kedisplinan
    Tahukah kamu? Dengan melakukan puasa Senin kamis dapat membuat kamu terhindar dari hal-hal yang menimbulkan dosa yang dapat membatalkan puasa. Dengan berpuasa, kamu dapat melakukan aktivitas positif dan juga meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.
  2. Mendapatkan Pahala
    Dengan melaksanakan puasa Senin Kamis, kamu juga mendapatkan ganjaran pahala oleh Allah SWT karena terdorong untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan ibadah.
  3. Mengamalkan sunnah Rasulullah SAW
    Rasulullah SAW selalu melaksanakan dan menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa Senin Kamis. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang melaksanakan sunnah Rasulullah SAW akan mendapatkan kebaikan bagi dirinya.
  4. Melawan hawa nafsu
    Manfaat melaksanakan puasa Senin Kamis juga dapat melatih hawa nafsu. Dengan berpuasa, kamu dapat meredam hawa nafsu, emosi dan perbuatan lainnya yang tidak diperbolehkan oleh Allah SWT.

Demikian adalah niat puasa Senin Kamis beserta keutamaannya yang perlu kamu ketahui.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar