alexametrics

Pilu! Seumur Hidup Kerja Keras Demi Punya Rumah, saat Hendak Ditempati, Nenek Samat Wafat

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
Pilu! Seumur Hidup Kerja Keras Demi Punya Rumah, saat Hendak Ditempati, Nenek Samat Wafat
Ilustrasi rumah. (Envato)

"Rasanya sedih sekali, sebab Mek sudah semangat untuk meninggali rumah baru itu," ungkap anaknya.

Suara.com - Kisah pilu nenek berusia 73 tahun yang akan mendapatkan rumah baru menjadi viral. Bagaimana tidak, ajal justru menjemputnya lebih cepat sebelum menghuni rumah barunya.

Menyadur dari Mstar, nenek ini bernama Kelthom Samat atau Mek asal Malaysia. Ia meninggal dunia pada Jumat, 8 Oktober 2021 setelah terkena diare selama beberapa hari.

Padahal, sang nenek sedang menanti rumah barunya yang bisa ditempati seminggu lagi. Ia begitu bersemangat untuk tinggal di rumah barunya tersebut.

Hal ini diceritakan oleh anak sulungnya, Laila Abdul Rahman. Ia mengatakan sang ibu yang kerap disapai Mek selama ini tidak mau tinggal bersamanya.

Baca Juga: Lucunya Bocah Mau Comblangin Tantenya, Alasannya Jodoh Tak Kujung Datang

Sebaliknya, sang ibu justru berkeras untuk tinggal di rumah baru yang masih dalam proses pembangunan. Alhasil, sang nenek sampai harus tidur di tengah kegelapan dan lantai berbatu.

"Masa Mek tinggal rumah itu padahal lantai berbatu dan belum disemen. Dinding belum diplester, jendela belum dipasang, listrik juga tidak ada," kata Laila seperti dikutip Suara.com, Minggu (17/10/2021).

"Tapi Mek berkeras untuk tidur di rumah itu sebab rumah itu dibangun di atas tanah hasil usaha dia dengan ayah yang sudah lama meninggal," lanjutnya.

Laila sendiri mengaku dirinya pernah menemani sang ibu tidur di rumah tersebut. Pasalnya, ia tidak tega melihat ibunya tinggal di rumah yang belum jadi itu seorang diri.

"Aku sempat menemani dia tidur di atas tanah ini memakai tikar," lanjutnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Tanjung Balai, Nenek 80 Tahun Tewas Terpanggang

Laila menjelaskan rumah baru itu dibangun di bawah proyek Rumah Impian. Rumah tersebut secara resmi bakal diserahkan pada 14 Oktober 2021.

Sayang, nenek Mek meninggal dunia sebelum merasakan rumah barunya yang sudah sepenuhnya menjadi miliknya. Kejadian ini membuat hancur Laila.

"Rasanya sedih sekali, sebab Mek sudah semangat untuk meninggali rumah baru itu, tapi belum sempat menerima kunci secara rumah," ungkap Laila.

Tak hanya itu, Laila menceritakan sang ibu sudah menyiapkan acara syukuran untuk rumah barunya.

"Dia sudah buat doa selamat, makan-makan walaupun rumah tak lengkap lagi," lanjut Laila.

Kini, rumah itu dirawat oleh anak Laila yang juga cucu nenek Mek, Mohamad Hasim Mohamad Hesan. Ia memikul tanggung jawab menjaga rumah tersebut bersama lima anaknya.

Sementara itu, pengurus proyek Rumah Impian, Lenny Noor Diana menjelaskan rumah nenek Mek awalnya dijadwalkan siap pada Juni lalu.

Namun, karena adanya Perintah Kawalan Pergerakan, rumah tersebut menjadi tidak bisa disiapkan pada waktunya.

Video yang mungkin Anda lewatkan:

Komentar