alexametrics

Indonesia Juara Piala Thomas 2021, Malaysia Ucapkan Selamat

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Indonesia Juara Piala Thomas 2021, Malaysia Ucapkan Selamat
Tim bulu tangkis putra Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas setelah menundukkan China 3-0 pada laga final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi PP PBSI.

Hal itu disampaikan langsung oleh Saifuddin saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Suara.com - Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengucapkan selamat kepada tim bulutangkis Indonesia yang berhasil menjadi juara Piala Thomas 2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Saifuddin saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam lawatannya ke Jakarta pada Senin (18/10/2021).

"Saya ucapkan setinggi-tingginya tahniah (selamat) kepada Indonesia atas kemenangan menjadi juara Piala Thomas setelah sekian lama, Malaysia harus menurut, selamat atas kemenangan yang signifikan itu," kata Saifuddin di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Kunjungan Saifuddin ini merupakan lawatan resmi pertamanya sejak dilantik sebagai Menlu Malaysia pada 30 Agustus 2021 lalu. Ia mendarat di Indonesia sejak Minggu (17/10/2021) dan dijadwalkan akan berada di tanah air hingga 20 Oktober.

Baca Juga: Taufik Hidayat Semprot Pemerintah Soal Bendera, Bintang Emon: Alumni Udah Turun, Hati-Hati

Juara Piala Thomas

Diketahui, tim bulu tangkis beregu putra Indonesia berhasil menjadi juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 dalam laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Para pemain Indonesia melakukan selebrasi di lapangan setelah Jonatan Christie memastikan kemenangan tim Indonesia atas tim China dalam babak final Piala Thomas, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). ANTARA FOTO
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi di lapangan setelah Jonatan Christie memastikan kemenangan tim Indonesia atas tim China dalam babak final Piala Thomas, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). ANTARA FOTO

Para pemain yang turut menyumbang angka kemenangan untuk Indonesia malam itu, yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta ganda putra Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto.

Namun, trofi Piala Thomas perdana Indonesia setelah puasa 19 tahun, terasa sedikit hambar lantaran bendera Merah Putih tak boleh berkibar akibat adanya sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA). Sebagai gantinya, bendera PBSI lah yang dikibarkan.

Indonesia bersama Korea Utara dan Thailand dijatuhi sanksi setelah dinyatakan tidak patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Baca Juga: Deretan Fakta Menarik usai Indonesia Juara Piala Thomas 2020

Salah satu sanksinya adalah atlet dari tiga negara tersebut masih diizinkan turun di kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, namun tidak bisa mengibarkan bendera nasional mereka selain di olimpiade.

Komentar