alexametrics

Niat Puasa Senin dan Doa Berbuka Puasa: Bacaan Latin dan Artinya

Rifan Aditya
Niat Puasa Senin dan Doa Berbuka Puasa: Bacaan Latin dan Artinya
Niat Puasa Senin dan Doa Berbuka Puasa - Ilustrasi remaja muslim puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Apakah kalian tahu bahwa niat puasa senin dan hari kamis itu berbeda?

Suara.com - Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW yang sebaiknya diikuti oleh seluruh umat muslim ialah berpuasa di hari Senin dan Kamis. Apakah kalian tahu bahwa niat puasa senin dan hari kamis itu berbeda?

Terkait bagaimana bacaan niat puasa senin dan hari kamis akan dijelaskan di dalam artikel ini. Maka dari itu simak dan baca sampai habis.

Amalan puasa senin kamis ini dijelaskan dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata,"Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." (H.R. Ahmad).

Berdasarkan hadits di atas, maka disimpulkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari istimewa untuk umat Islam karena amalan seseorang akan diajukan oleh malaikat kepada Allah pada dua hari itu.

Baca Juga: Niat Puasa Senin Kamis Beserta Doa Buka Puasa

Selain itu, hal ini tulisan Alhafiz berjudul "Catatan di Sekitar Puasa Senin Kamis" oleh Syekh Bujairimi dalam Attajrid Linaf‘il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab menyatakan bahwa: "Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah pada Senin dan Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada Jumat. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari".

Tak hanya itu, pada hari Senin dan Kamis pintu surga dibuka dan Allah akan mengampuni hambanya kecuali mereka yang syirik dan bermusuhan dengan saudaranya. "Pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun akan diampuni kecuali seseorang yang bermusuhan dengan saudaranya." (H.R. Muslim).

Namun demikian, ada niat puasa hari Senin dan Kamis serta tata caranya yang harus diamalkan sebelum memulai berpuasa. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Niat Puasa Senin

Berikut bacaan latin niat puasa senin

Baca Juga: Mudah Dihafalkan, Berikut Beragam Doa Buka Puasa Latin dan Artinya

‘Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala’

Komentar