alexametrics

Rangkul Ormas Klaim Jaga Stabiltas Jakarta, Wagub Riza: Agar Sektor Usaha Berjalan Lancar

Agung Sandy Lesmana
Rangkul Ormas Klaim Jaga Stabiltas Jakarta, Wagub Riza: Agar Sektor Usaha Berjalan Lancar
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. [ANTARA/Livia Kristianti]

"Di sinilah peran ormas untuk berkolaborasi dengan pemerintah, antara lain menjaga stabilitas kota agar berbagai sektor dan dunia usaha dapat menjalankan aktivitasnya."

Suara.com -  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) berkolaborasi untuk menjaga stabilitas di Ibu Kota.

"Di sinilah peran ormas untuk berkolaborasi dengan pemerintah, antara lain menjaga stabilitas kota agar berbagai sektor dan dunia usaha dapat menjalankan aktivitasnya," kata Riza Patria saat menghadiri pengukuhan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Menurut dia, saat pandemi COVID-19, peran ormas yang kini sudah terbentuk dalam wadah FLO DKI Jakarta menjadi contoh terdepan dan senantiasa menyosialisasikan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

"Kita bersama memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta tidak menciptakan dan menjauhi kerumunan. Mari terus kita saling mengingatkan," imbuh Riza.

Baca Juga: Anggota Ormas Intimidasi Forum Solidaritas Mahasiswa Papua: Dicekik, Dipukul, Ditendang

Selain itu, Riza juga berharap ormas-ormas di Jakarta dapat berkolaborasi bersama pemerintah dalam menangkal kabar bohong atau hoaks soal COVID-19 hingga vaksinasi.

"Penyebaran informasi hoaks pemberitaan palsu di media sosial salah satunya, sangat marak. Sehingga berdampak negatif bagi masyarakat, berpotensi menimbulkan pemicu konflik kekerasan, kebingungan, rasa tidak aman, menyebabkan konflik SARA," jelasnya.

FLO, yang menjadi wadah sejumlah ormas dari berbagai latar belakang di Jakarta, diharapkan dapat mewujudkan komitmen untuk menghadirkan rasa aman, damai dan kondusif untuk Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia secara keseluruhan.

Ia pun menilai, peran ormas sangat penting sebagai salah satu realisasi dari kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, namun harus ada batasannya.

"Tidak mudah menyatukan visi-misi dari berbagai ormas yang beragam latar belakangnya. Namun saya yakin dengan semangat kebersamaan, keguyuban dan cita-cita bersama untuk mewujudkan Jakarta yang kondusif, Insyaallah akan solid, tangguh dan berkembang," ucapnya. (Antara)

Baca Juga: Buruh Tuntut UMP Jakarta Naik 10 Persen, Wagub DKI: Pengusaha Masih Berat

Komentar