alexametrics

Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Kunci Segala Urusan Dimudahkan oleh Allah

Rifan Aditya
Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Kunci Segala Urusan Dimudahkan oleh Allah
kunci segala urusan dimudahkan oleh Allah - Ustaz Khalid Basalamah. [YouTube/Khalid Basalamah Official]

Perihal kunci segala urusan dimudahkan oleh Allah sebagaimana telah dijelaskan oleh Ustadz Dr. Khalid Basalamah. Penjelasan tersebut diunggah di channel Youtube Islam Terkini.

Suara.com - Dalam kehidupan sehari-hari kita memiliki banyak sekali urusan. Mulai dari urusan sederhana sampai urusan besar, seperti hajat pernikahan, pindah rumah, memulai suatu pekerjaan atau usaha, dan lebih banyak lagi yang lebih rumit. Oleh karena itu, terkadang untuk menguatkan hati, kita selalu mencari kunci segala urusan dimudahkan oleh Allah

Perihal kunci segala urusan dimudahkan oleh Allah sebagaimana telah dijelaskan oleh Ustadz Dr. Khalid Basalamah. Penjelasan tersebut telah diunggah di channel Youtube Islam Terkini.

Pada awal video dibacakan surah Ali Imran 104 yang memiliki arti, " Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kebapa kebajikan, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung." 

Setelah itu, Ustadz Dr. Khalid Basalamah muncul dan menyampaikan ceramahnya. Sebagai pembukaan, Ustadz Khalid berkata, "meminta maaf, berjanji tidak akan mengulangi kesalahan, adalah hal yang sangat indah." 

Baca Juga: ASTAGHFIRULLAH Anda Berlumuran Dosa, Baca Doa Taubat Ini Agar Diampuni Allah

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, jika ada orang yang berbuat salah lalu meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi tindakannya lagi itu adalah sikap yang luar biasa. Namun cara minta maaf yang benar kepada Allah SWT berbeda dengan ketika kepada manusia.

"Kalau kita minta maaf kepada teman dengan bahasa, maafkan saya. Kepada Allah SWT, kita menggunakan 'Astaghfirullah', istighfar. Itu adalah permohonan maaf yang sopan kepada Allah SWT dan jika Anda mau berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama kepada Allah, Anda menyebut "Astaghfirullah waatubuilaih," ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Ayat singkat tersebut artinya "Ya Allah saya minta maaf, saya janji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama," ungkap Ustad Khalid.

Dia kemudian melanjutkan uraiannya, taubat atau permintaan maaf ini sangat penting untuk kita lakukan. Sebabnya, Muhammad SAW beristighfar kepada Allah setiap hari sebanyak 70 sampai 100 kali. 

"Taubat ini indah sekali manfaatnya karena dengan taubat semua kesalahan Anda dimaafkan, plus fasilitas yang terhalang karena kesalahan Anda akan diberikan," ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Cara Taubat dan Minta Maaf pada Orang Tua yang Meninggal Dunia

Dia pun kemudian memberi contoh kunci segala urusan dimudahkan oleh Allah. Misalnya Anda terlambat datang ke kantor,  cara yang termudah adalah minta maaf lalu Anda coba perbaiki dengan tidak lagi datang terlambat.

Komentar