alexametrics

Syekh Ali Jaber: Amalan Penolong di Akhirat bagi Pezina

Rifan Aditya
Syekh Ali Jaber: Amalan Penolong di Akhirat bagi Pezina
Amalan penolong di akhirat bagi pezina - Ilustrasi berzina. (Shutterstock)

Dalam Islam, hukuman berzina di akhirat kelak sangatlah pedih. Lalu adakah amalan penolong di akhirat bagi pezina?

Suara.com - Zina menjadi sebuah bentuk degradasi moral yang sangat sering kita jumpai di masyarakat sekarang ini. Dalam Islam, hukuman berzina di akhirat kelak sangatlah pedih. Lalu adakah amalan penolong di akhirat bagi pezina?

Berikut ini adalah ulasan mengenai siksa neraka dan amalan penolong di akhirat bagi pezina seperti yang dijelaskan oleh Syekh Ali Jaber.

Siksa Neraka bagi Pezina

Hukuman atau siksa neraka pertama bagi pezina adalah tidak akan diajak oleh Allah SWT saat hari kiamat datang. Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang tidak akan diajak berbicara oleh Allah SWT pada hari kiamat dan tidak akan dilihat serta disucikan, pun bagi mereka azab yang pedih; seorang tua yang berzina, raja yang pendusta, dan orang miskin yang congkak", (Diriwayatkan Muslim, An-Nasa’i, dan Ibnu Mandah dari Abu Hurairah).

Baca Juga: Nasihat Syekh Ali Jaber Bagi yang Sedang Galau, Sedih, dan Banyak Masalah

Seseorang yang melakukan perbuatan zina selama hidup, maka kelak akan menjadi penghuni abadi di neraka. Seperti yang diketahui, jika neraka merupakan tempat pembalasan untuk semua orang yang sudah berbuat dosa selama hidup di dunia.

Tidak hanya kekal di dalam neraka, namun Allah SWT juga akan melipat gandakan azab untuk pelaku zina. Mereka bahkan akan disiksa pada keadaan yang paling hina kecuali untuk mereka yang sempat bertaubat pada saat masih hidup.

Siksa neraka berikutnya bagi para pezina adalah akan mendapatkan azab dengan cara dijilat api neraka yang sangat panas. Hal ini terdapat dalam hadits Bukhari dan Muslim, “lmam Bukhari meriwayatkan hadits tidur Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Samurah bin Jundub. Dalam hadits itu disebutkan bahwa beliau Nabi Muhammad SAW didatangi oleh malaikat Jibril dan Mikail. Beliau berkisah:

“Kami berangkat pergi sehingga sampai di suatu tempat semisal ‘tannur’ bagian atasnya sempit sedangkan bagian bawahnya luas. Dari situ terdengar suara gaduh dan ribut-ribut. Kami menengoknya, ternyata di situ banyak laki-laki dan perempuan telanjang. Jika mereka dijilat api yang ada di bawahnya mereka melolong oleh panasnya yang dahsyat. Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapakah mereka?’ Jibril menjawab, ‘Mereka adalah para pezina perempuan dan laki-laki. Itulah azab bagi mereka sampai tibanya hari kiamat", (Diriwayatkan Al-Bukhari, Ibnu Hibban, Ath-Thabrani, dan Ahmad, dalam hadits panjang dari Samurah).

Amalan Penolong di Akhirat bagi Pezina

Baca Juga: 4 Amalan Agar Rezeki Datang, Menurut Syekh Ali Jaber

Melansir tayangan di kanal YouTube Iman & Taqwa yang diunggah pada 1 Oktober 2021, Syekh Ali Jaber menjelaskan tentang amalan penolong di akhirat bagi pezina. Meskipun hukuman atas perilaku zina sangat pedih, tapi Allah SWT itu Maha Pemurah dan Maha Pengampun asalkan umatnya mau bertobat. 

Komentar