alexametrics

Kenali Perbedaan Nikmat dan Istidraj, Jangan Terlena!

Rifan Aditya
Kenali Perbedaan Nikmat dan Istidraj, Jangan Terlena!
Kenali Perbedaan Nikmat dan Istidraj, Jangan Terlena! - Ustadz Abdul Somad (dok Youtube Ustadz Abdul Somad)

Melansir tayangan di kanal YouTube Sumber Kajian yang diunggah pada 8 November 2021, Ustadz Abdul Somad menjelaskan tentang perbedaan nikmat dan istidraj.

Suara.com - Apa perbedaan nikmat dan istidraj? Jika ditinjau dari segi bahasa, istidraj diambil dari kata ‘daraja’ yang dalam bahasa Arab berarti naik dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya. Sedangkan secara istilah, istidraj memiliki makna azab berwujud kenikmatan.

Untuk Anda yang penasaran dengan perbedaan nikmat dan istidraj, simak artikel ini sampai habis. Sebenarnya, ada beberapa ayat Alquran yang berkaitan dengan tanda istidraj, di antaranya adalah sebagai berikut:

Surat Al An’am ayat 44

"Fa lammaa nasuu maa zukkiruu bihii fatahnaa ‘alaihim abwaaba kulli syaii’, hattaaa izaa farihuu bimaaa uutuuu akhoznaahum baghtatang fa izaa hum mublisuun".

Baca Juga: Amalan yang Lebih Hebat dari Mati Syahid, Kata UAS

Artinya:

“Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) bagi mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa".

Surat Ali Imran ayat 178

"Wa laa yahsabannallaziina kafaruuu annamaa numlii lahum khoirul li’ angfusihim, innamaa numlii lahum liyazdaaduuu ismaa, wa lahum azaabum muhiin".

Artinya:

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad: Tanamkan 6 Rasa Takut Kepada Allah

“Dan jangan sekali-kali orang-orang kafir itu mengira bahwa tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka lebih baik baginya. Sesungguhnya tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka hanyalah agar dosa semakin bertambah, dan mereka akan mendapat azab yang menghinakan".

Komentar