alexametrics

Amalan Setelah Sholat Subuh: Doa dan Dzikir yang Bisa Mendatangkan Keberkahan

Rifan Aditya
Amalan Setelah Sholat Subuh: Doa dan Dzikir yang Bisa Mendatangkan Keberkahan
Amalan Setelah Sholat Subuh: Doa dan Dzikir yang Bisa Mendatangkan Keberkahan - Ilustrasi berdoa, niat puasa, dzikir, doa setelah sholat (Elemen Envato)

Ada beberapa amalan setelah sholat subuh yang dapat seorang muslim lakukan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Simak ulasannya berikut ini.

Suara.com - Ada beberapa amalan setelah sholat subuh yang dapat seorang muslim lakukan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Simak ulasannya berikut ini.

Sholat subuh merupakan waktu yang mana terdapat banyak keutamaan yang bisa mendatangkan keberkahan bagi seorang muslim. Sayangnya, masih banyak orang yang memilih untuk kembali tidur yang bisa menghambat rezeki.

Rasululah SAW tidak menyukai seorang umatnya yang kemudian memilih melanjutkan tidur setelah sholat subuh. Hadist tersebut berbunyi, "Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya." (HR Ibnu Abi Syaibah).

Sebaliknya, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat muslim untuk selalu melaksanakan amalan-amalan yang bisa dilakukan setelah subuh. Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa bertasbih setelah selesai sholat subuh sebanyak seratus kali dan membaca tahlil seratus kali, maka dosanya diampuni walaupun sebanyak buih di lautan." (HR Muslim)

Baca Juga: Amalan Surah Al Waqiah Ayat 35-38, Doa Awet Muda, Baca 7 Kali

Selain bertasbih dan membaca tahlil, apa saja amalan setelah sholat subuh yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW usai melaksanakan sholat subuh? Simak daftarnya berikut ini.

1.     Membaca Sayyidul Istighfar

Dilansir dari NU Online, dalam kitab Al-Azkar oleh Imam Nawawi menjelaskan ada doa dan dzikir yang dianjurkan dibaca usai sholat subuh yakni Sayyidul Istighfar. Bagi siapa saja yang mengamalkannya maka akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

“Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana 'abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzu bika min syarri ma shana'tu. Abu'u laka bini'matika 'alayya. Wa abu'u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.”

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Baca Juga: Doa Sholat Tahajud Full Arab, Adab dan Tata Caranya

2.     Membaca Doa Meminta Keberkahan

Komentar