alexametrics

5 Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan dan Keutamaan Hari Jumat

Rifan Aditya
5 Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan dan Keutamaan Hari Jumat
5 Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan dan Keutamaan Hari Jumat - Ilustrasi berdoa (pixbay)

Alasan mengapa hari itu begitu diistemewakan adalah karena ada amalan hari Jumat yang akan sangat merugi jika tidak dikerjakan.

Suara.com - Hari Jumat dalam agama Islam menjadi hari yang diutamakan, pada hari tersebut dipercaya bahwa setiap amalan baik akan mendapatkan ganjaran yang berlipat-lipat. Alasan mengapa hari itu begitu diistemewakan adalah karena ada amalan hari Jumat yang akan sangat merugi jika tidak dikerjakan.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang 5 amalan hari Jumat dan 5 keistimewaan dibaliknya, mari simak!

Amalan Hari Jumat

Mengutip dalam berbagai sumber, berikut adalah beberapa amalan-amalan yang dapat anda lakukan pada hari Jumat, tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan keridhoan dan keberkahan Allah. Mengingat bahwa hari Jumat merupakan hari baik diantara hari-hari lainnya.

Baca Juga: Bentuk Layanan Lembaga Amil Zakat untuk Meningkatkan Loyalitas Muzakki

1.       Memperbanyak Sholawat

Amalan hari Jumat yang pertama adalah memperbanyak Sholawat. Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi yang artinya:

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti."

2.       Mengamalkan Surat Al-Kahfi

Selanjutnya, amalan hari Jumat yang juga tidak boleh dilewatkan adalah membaca surat Al-Kahfi, "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka’ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (Mauquf Shahih).

Baca Juga: Surah Alkahfi Ayat 1-10: Kisah Pemuda Mempertahankan Keimanan

Surat Al Kahfi
Amalan Hari Jumat - Mengamalkan Surat Al-Kahfi

3.       Memperbanyak Zikir dan Doa

Komentar