alexametrics

3 Amalan yang Tidak Terputus Meskipun Telah Meninggal Dunia

Rifan Aditya
3 Amalan yang Tidak Terputus Meskipun Telah Meninggal Dunia
3 Amalan yang Tidak Terputus Meskipun Telah Meninggal Dunia - Ilustrasi berdoa (pixbay)

Apa saja amalan yang tidak terputus meskipun telah meninggal dunia?

Suara.com - Saat seseorang telah meninggal maka terputuslah segala amal perbuatannya kecuali 3 amalan. Amalan tersebut akan terus mengalir meski dirinya telah meninggal dunia dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Apa saja amalan yang tidak terputus meskipun telah meninggal dunia?

Ada 3 amalan yang tidak terputus meskipun telah meninggal dunia tersebut yakni amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh. Hal ini telah diriwayatkan dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang salih." (HR Muslim Nomor 1631)

Dari hadist tersebut dapat diambil hikmah bagi seorang muslim untuk terus menjalankan amalan-amalan tersebut selama masa hidupnya agar menjadi orang yang beruntung. Berikut ini amalan yang tidak terputus meskipun telah meninggal dunia.

1.     Sedekah jariyah

Baca Juga: Amalan Setelah Sholat Subuh: Doa dan Dzikir yang Bisa Mendatangkan Keberkahan

Sedekah jariyah merupakan sebuah pemberian dari seorang muslim secara ikhlas kepada orang yang berhak menerimanya untuk mengharapkan ridho Allah SWT. Amalan yang temasuk jariyah adalah amalan yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga seseorang yang menerima manfaatnya dapat menyebarkannya kembali atau dapat digunakan oleh orang dari generasi ke generasi. Sedekah jariyah ini dapat berupa pemberian wakaf, biaya pembangunan masjid, membangun rumah sakit, pemberian buku yang bermanfaat, sedekah kepada fakir miskin dan yatim, serta berbagai amalan lainnya.

2.     Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu amalan yang tidak terputus dan bermanfaat bagi orang lain. Salah satu amalan ilmu ini adalah seseorang yang mengajari Al-Quran hingga mereka dapat membaca, memahami arti dan mengamalkannya.

Hal ini telah tertuang dalam sebuah hadist yang berbunyi, "Barang siapa membaca al-qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

Baca Juga: Ceramah Gus Baha: Solusi untuk Orang yang Banyak Utang dan Tidak Bisa Melunasi

3.     Doa anak sholeh

Komentar