alexametrics

Sejarah Pemuda Pancasila dari Awal Berdirinya

Rifan Aditya
Sejarah Pemuda Pancasila dari Awal Berdirinya
Sejarah Pemuda Pancasila dari Awal Berdirinya - Ormas Pemuda Pancasila (PP) lakukan aksi di depan Kantor DPRD Jateng (suara.com/Dafi Yusuf)

Sebenarnya bagaimana sejarah Pemuda Pancasila mulai dari berdiri hingga saat ini?

Suara.com - Nama organiasi masyarakat Pemuda Pancasila tengah menjadi sorotan setelah aksi pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali dalam aksi unjuk rasa di depan Gedung MPR/DPR pada Kamis (25/11/2021) yang lalu. Lantas sebenarnya bagaimana sejarah Pemuda Pancasila mulai dari berdiri hingga saat ini? 

Dari kejadian tersebut, Japto Soerjosoemarno selaku Ketua Umum Pemuda Pancasila, menyatakan bahwa akan menyerahkan pelaku pengeroyokan terhadap salah satu anggota kepolisian. Aksi unjuk rasa menuntut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta maaf telah menyinggung salah satu ormas tertua di Indonesia tersebut.

Terlepas dari kejadian ini, sejarah Pemuda Pancasila berdiri hingga masih eksis sampai sekarang juga menarik untuk diketahui. Simak ulasan berikut ini.

Sejarah Pemuda Pancasila

Baca Juga: Pulang dari RS, AKBP Karosekali Korban Amuk Ormas Pemuda Pancasila Belum Bisa Bekerja

Pemuda Pancasila merupakan salah satu organisasi masyarakat (ormas) tertua di Indonesia. Asal usul Pemuda Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1959 silam di Jakarta.

Pemuda Pancasila bermula dari deklarasi organisasi Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). IKPKI merupakan sayap politik dari Jenderal TNI diantaranya adalah Ahmad Yani, Abdul Haris Nasution dan Gatot Subroto, Aziz Saleh dan masih banyak lainnya.

IPKI pada awal didirikannya bertujuan untuk melawan ideologi Partai Komunis Indonesia (PKI). Saat PKI mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, IPKI kemudian mendirikan Pemuda Pancasila pada 28 Oktober 1959.

Dilansir dari laman bpk-pp.com, pada tahun 1965, Pemuda Pancasila kerap berhadapan dengan PKI secara fisik hingga menewaskan anggota organisasi dari kedua pihak.

Berdiri Hingga Saat Ini

Baca Juga: 8 Pejabat Negara Aktif di Pemuda Pancasila, dari Stafsus Wapres sampai Anggota Wantimpres

Sejarah Pemuda Pancasila yang cukup panjang menjadikan organisasi ini menjadi salah satu organisasi masyarakat tertua di Indonesia. Pasalnya, Pemuda Pancasila yang didirikan sejak masa Orde Lama dan bertahan hingga Orde Reformasi.

Pada Musyawarah Besar VII di Wisma Kinasih Bogor tahun 2001 memutuskan bahwa Pemuda Pancasila menjadi organisasi masyarakat yang terbebas dari politik praktis. Kegiatan organisasi kemudian menitikberatkan kepada kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pemuda Pancasila memiliki rantai dinamika organisasi mulai dari tingkat nasional (Majelis Pimpinan Nasional), provinsi (Majelis Pimpinan Wilayah), kota/kabupaten (Majelis Pimpinan Cabang), kecamatan (Pimpinan Anak Cabang), dan kader kelurahan sebagai basis massa paling bawah.

Ikrar dan Semboyan Pemuda Pancasila

Pemuda Pancasila memiliki semboyan “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang” yang bermakna bahwa Pemuda Pancasila menjadi organisasi yang tidak akan surut dari perubahan zaman, politik, dan sistem pemerintahan.

Dikutip dari laman Majelis Pimpinan Wilayah Ikrar Pemuda Pancasila Jawa Tengah, berikut adalah Ikrar Pemuda Pancasila:

  1. Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia
  2. Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia
  3. Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia
  4. Berideologi satu, Ideologi Pancasila

Demikian sejarah Pemuda Pancasila yang telah eksis dari masa awal kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar