alexametrics

3 Sifat Nabi Zulkifli yang Wajib Kita Teladani

Rifan Aditya
3 Sifat Nabi Zulkifli yang Wajib Kita Teladani
3 Sifat Nabi Zulkifli yang Wajib Kita Teladani - Gambar hanya ilustrasi - Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, tempat makam Nabi Muhammad . (Shutterstock)

Berikut kumpul sifat Nabi Zulkifli yang wajib dan dapat kita teladani.

Suara.com - Nabi Zulkifli merupakan salah satu nabi yang diwajibkan untuk kita teladani jalan hidupnya. Diketahui Nabi Zulkifli merupakan anak Nabi Ayub AS dan cucu Nabi Ibrahim. Nah, kenapa kita perlu meneladani jalan hidup atau sifat Nabi Zulkifli?

Perlu diketahui bahwa, Zulkifli diangkat sebagai nabi dan rasul setelah Nabi Ayub. Sementara itu untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut kami kumpulkan sifat Nabi Zulkifli dari berbagai sumber. 

1. Tidak pernah berbohong dan selalu menepati janji 

Alasan kenapa kita dianjurkan untuk meneladani sifat Nabi Zulkifli adalah karena Nabi Zulkifli memiliki sifat tidak pernah berbohong dan selalu menepati janji. Dalam berbagai cerita Nabi, sering digambarkan kisah kehidupan Nabi Zulkifli dalam menepati janji atas apa yang telah diucapkannya.

Baca Juga: Sifat Nabi Muhammad SAW, Contoh Nyata Dalam Kehidupan Pribadi

Oleh karena itu, ketika Nabi Zulkifli diangkat sebagai raja, Nabi Zulkifli juga disegani dan dicintai oleh rakyatnya. Bahkan para Iblis pun mengirim setan untuk menguji sifat Nabi Zulkifli ini. 

2. Taat beribadah 

Alasan berikutnya kenapa sifat Nabi Zulkifli perlu untuk kita teladani ialah karena Nabi Zulkifli rajin beribadah. Nabi Zulkifli adalah nabi yang taat beribadah.

Kita semua tahu, seseorang yang rajin beribadah memiliki kepekaan batin dan spiritual yang kuat. Sehingga dia dapat membaca tanda-tanda alam, bersikap lebih bijaksana, tidak mendahulukan emosi dalam membuat keputusan.

Oleh karena itu, ketika Nabi Zulkifli menjadi raja, nabi dapat membuat kebijakan yang menjadikan rakyatnya memperoleh kesejahteraan dan rasa aman tinggal di seluruh wilayah kekuasaan Nabi Zulkifli. Sebab, karena memiliki olah rasa yang mendalam, Nabi Zulkifli menjadi tahu bagaimana cara mengelola dan memberikan keamanan serta kenyamanan kepada rakyatnya. 

Baca Juga: Sifat Nabi Muhammad dalam Memimpin Umat Islam: Istiqomah Teguh Memegang Prinsip

3. Teguh Pendirian dan Sabar 

Komentar