alexametrics

Ceramah Yusuf Mansyur: Rahasia Dibalik Ayat Kursi

Rifan Aditya
Ceramah Yusuf Mansyur: Rahasia Dibalik Ayat Kursi
Ceramah Yusuf Mansyur: Rahasia Dibalik Ayat Kursi - Yusuf Mansyur usai peresmian pesantren Tahfidz Qur'an Daarul Qur'an, di Desa Cinta Asih, Karawang, Jawa Barat, Senin (20/6/2016) [suara.com/Ismail]

Berikut ini rahasia dibalik Ayat Kursi yang penting untuk diketahui umat muslim.

Suara.com - Membaca Alquran mendatangkan pahala melimpah bagi umat muslim yang membacanya, salah satu yaitu membaca Ayat Kursi. Berikut ini rahasia dibalik Ayat Kursi yang penting untuk diketahui umat muslim.

Ayat Kursi bagian dari surat Al Baqarah yang memiliki banyak istimewaan. Bagi umat muslim yang membacanya secara rutin, maka Allah SWT akan menghadiahkan pahala yang dahsyat padanya.

Ayat Kursi ini salah satu ayat yang sangat luar biasa. Ustad Yusuf Mansyur menjelaskan tentang rahasia dibalik Ayat Kursi yang begitu dhasyat, melansir dari kanal YouTube Syekh Ali Jaber, Selasa (30/11/2021), simak berikut ini rangkuman isi ceramahnya.

Rahasia Dibalik Ayat Kursi 

Baca Juga: 5 Doa Ibu Hamil, Agar Tenang Hingga Diberikan Perlindungan oleh Allah

Dalam video yang diunggah dalam kanal YouTube Syekh Ali Jaber pada 19 Agustus 2016, Ust. Yusuf Mansyur menyampaikan:

"Kenapa saya mencintai surat Al Baqarah? Di antara sebabnya adalah karena di dalam surat Al Baqarah ada Ayat Kursi." Tutur Ust. Yusuf Mansyur.

Dalam ceramahnya tersebut, ust. Yusuf Mansyur juga menyampaikan sebuah hadits tentang keistimewaan Ayat Kursi. Adapun bunyi haditsnya yaitu sebagai berikut:

Dari Ubay bin Ka'ab, Rasulullah SAW bertanya, "Wahai Abu Munzir (julukan untuk Ubay bin Ka'ab), tahukah engkau Ayat yang paling besar pahalanya?”

Ubay bin Ka'ab menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi dan Manfaat Jika Sering Dibaca, Bukan Hanya Melindungi dari Setan

Rasulullah SAW kembali bertanya, “Wahai Abu Munzir, tahukah engkau ayat yang paling besar pahalanya ?”

Ubay menjawab, “Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum".  (QS. Al-Baqarah: 255 atau Ayat Kursi).

Lalu, Rasulullah SAW menepuk dadanya, seraya berkata, “wahai Abu Munzir, semoga ilmu membuatmu bahagia.”

Dalam ceramahnya, Ust. Yusuf Mansyur kembali menambahkan sebuah hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai. Adapun bunyinya hadistnya yaitu sebaga berikut:

"Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” 

Itulah keistimewaan dan rahasia dibalik Ayat Kursi yang perlu diketahui umat Muslim.

Bacaan Ayat Kursi

Berikut ini bacaan latin Ayat Kursi yang tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 255.

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Arti Ayat Kursi 

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." 

Demikian penjelasan uts. Yusuf Mansyur tentang rahasia dibalik Ayat Kursi melalui kanal YouTube Syekh Ali Jaber. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar