facebook

Ini Doa Tahajud yang Mudah Dihafal, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya yang Perlu Dipahami

Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Doa Tahajud yang Mudah Dihafal, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya yang Perlu Dipahami
Ilustrasi al quran, Doa Tahajud yang mudah dihafal (Freepik)

Berikut bacaan doa Tahajud yang mudah dihafal lengkap bacaan latin dan artinya.

Suara.com - Mendirikan sholat Tahajud di sepertiga malam merupakan ibadah sunah yang dianjurkan untuk dilakukan. Ada doa tahajud yang mudah dihafalkan yang bisa Anda coba.

Perintah untuk melaksanakan sholat Tahajud telah dijelaskan di dalam Surat Al-Isra' yang artinya: "Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji", (QS Al-Isra': 79). Lantas, apa doa tahajud yang mudah dihafal?

Tahajud merupakan ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur. Usai melaksanakan ibadah sholat Tahajud, kita dianjurkan untuk membaca doa. Adapun doa Tahajud yang mudah dihafal adalah sebagai berikut.

Doa Tahajud yang Mudah Dihafal

Baca Juga: Doa Ruqyah untuk Mengusir Setan dan Gangguan Jin: Bacaan Latin, Arti serta Surat-surat yang Dapat Dipakai

Dalam riwayat Al-Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW apabila bangun sholat Tahajud beliau membaca doa berikut:

"Allohumma lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihin. Wa lakal hamdu, Anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihin. Wa lakal hamdu anta Robbus samaawaati wal ardhi wa man fiihin. Wa lakal hamdu laka Mulkussawaati wal alrdhi wa man Fiihin. Wa lakal hamdu Anta malikussawaati wal ardhi. Wa lakal hamdu, Antal haq, wa wa'dukal haq, wa qoulikal haq, wa liqoo-ukal haq, wal jannatu haq, wan naru haq, wannabiyyuna haq, wa Muhammadun haq, was saa'ata haq. Allohumma laka aslamtu, wa 'alaika tawakkaltu, wa bika aamantu, wa ilaika anabtu, wa bika khooshomtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu wa maa akh-khortu wa maa asrortu wa maa a'lantu, Antal muqoddimu wa antal muakhkhiru, Anta ilaahi, laa ilaaha illaa Anta".

Artinya:

"Ya, Allah. Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah Kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, EngkaulahTuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Setelah membaca doa Tahajud, maka dapat dilanjutkan dengan memperbanyak istighfar. Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, maka sholat Tahajud sebaiknya dilakukan sebanyak 2 rakaat yang dilakukan sebanyak dua kali.

Baca Juga: Doa Ketika Dipuji Dalam Islam Agar Terhindar dari Sifat Sombong

Itulah ulasan mengenai doa tahajud yang mudah dihafal, lengkap bacaan latin dan artinya. Semoga bermanfaat!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar