facebook

5 Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila: Karyawan Mendapat Gaji yang Sesuai dengan Beban Kerja

Chyntia Sami Bhayangkara
5 Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila: Karyawan Mendapat Gaji yang Sesuai dengan Beban Kerja
Ilustrasi Pancasila, contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila (shutterstock)

Sila ke-2 Pancasila berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab,seperti apa contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila? Simak ulasannya berikut

Suara.com - Sila ke-2 Pancasila berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Makna dari sila ini tentu saja sesuai dengan bunyinya yang berpesan kepada kita agar senantiasa memperlakukan orang lain dengan adil dan beradab. Lantas, seperti apa contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila. 

Pengamalan Sila ke-2 Pancasila

1. Memberi Gaji yang Sesuai Beban Kerja pada Karyawan

Ketika kita membuka bisnis, kita akan membutuhkan kehadiran karyawan untuk memaksimalkan produktifitas operasional bisnis kita. Di sini, sebagai pimpinan sebuah usaha, entah itu cafe atau perkantoran, bisa mengamalkan sila ke-2 Pancasila yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab itu dengan cara memberikan gaji sesuai dengan kapasitas dan beban kerja karyawan.

Baca Juga: 5 Contoh Pengamalan Sila ke-1 Pancasila 'Ketuhanan yang Maha Esa' dalam Kehidupan Sehari-hari

Kemudian dalam interaksi sehari-harinya tidak memperlakukan karyawan bagaikan budak. Pimpinan tetap bisa menggunakan sistem komunikasi yang saling membangun dan tidak merendahkan karyawan. 

2. Memberi kesempatan penganut keyakinan lain untuk merayakan hari raya agamanya

Misalnya saja imlek, yang akan jatuh pada bulan Februari 2022. Sehubungan dengan itu, kita pun bisa mengamalkan sila ke-2 Pancasila. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila sehubungan dengan Imlek atau hari raya agama lain misalnya kita beri mereka kesempatan untuk merayakan.

Beri mereka ruang dan waktu, misalnya dua hari sampai seminggu untuk melakukan festival hari raya mereka. Biarkan mereka bahagia seperti halnya saat kita merayakan hari raya kita. 

3. Mendengarkan orang lain yang sedang bicara dalam sebuah forum

Baca Juga: Mengenal Lambang Sila ke-5 Pancasila dan Maknanya yang Mendalam, Warga Indonesia Wajib Mengetahuinya!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap terlibat dalam forum-forum diskusi masyarakat untuk membahas kepentingan umum. Dalam kesempatan ini, kita pun bisa mengamalkan contoh pengalaman sila ke-2 Pancasila seperti memberi kesempatan dan mendengarkan orang lain yang sedang bicara untuk mengutarakan pendapatnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar