facebook

Tidak Ada Larangan Poligami, MKD Ogah Intervensi Ranah Pribadi Lora Fadil yang Punya Tiga Istri

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Tidak Ada Larangan Poligami, MKD Ogah Intervensi Ranah Pribadi Lora Fadil yang Punya Tiga Istri
Alvin Adam bersama anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Lora Fadil dan ketiga istrinya (Youtube Alvin & Friends)

Habiburokhman mengatakan sepanjang yang dilakukan Lora bukan tindakan melanggar hukum, hal itu tidak menjadi soal.

Suara.com - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR tidak masalah dengan tindakan anggota DPR Ahmad Fadil Muzakki Syah atau Lora Fadil yang dianggap memamerkan tiga istri.

Wakil Ketua MKD Habiburokhman mengatakan tidak ada aturan yang melarang anggota DPR beristri lebih dari satu atau poligami.

"Tidak ada," kata Habiburokhman dihubungi, Minggu (23/1/2022).

Menurut Habiburokhman sepanjang yang dilakukan Lora memang bukan tindakan melanggar hukum, hal itu tidak menjadi soal. Apalagi bila para istri Lora juga menghendaki dan tidak keberatan atas unggahan Lora di media sosial.

Baca Juga: Bicara Perjalanan Hidup, Zaskia Sungkar Sebut Tidak Melarang Irwansyah Untuk Poligami

"Sepanjang para istri tidak keberatan dan tidak terjadi KDRT ya enggak ada masalah, itu pilihan hidup beliau dan kita enggak boleh intervensi," kata Habiburokhman.

Habiburokhman mengatakan akan menjadi masalah apabila dalam rumah tangga Lora kemudian terjadi kekerasan atau Lora tidak bertanggung jawab.

"Yang jadi masalah kalau terjadi KDRT atau ada istri yang tidak diberi nafkah, baru jadi persoalan etik," kata Habiburokhman.

Senda dengan MKD, Ketua Fraksi Nasdem di DPR Ahmad Ali juga memandang ketiga istri Lora merupakan ranah pribadi. Ia menegaskan tidak ada aturan maupun tata tertib di DPR yang melarang.

"Baca-baca tatib gak dilarang ya kan," ujar Ali.

Baca Juga: Zaskia Sungkar Ungkap Suaminya Pelajari Ilmu Poligami, Irwansyah Mau Nikah Lagi?

Diketahui, anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem Lora Ahmad Fadil Muzakki Syah atau Lora Fadilkembali menjadi sorotan publik saat mengunggah kebersamaan bersama tiga istri. Menanggpi itu, Fraksi Partai NasDem tidak ikut ikut mencampuri ranah pribadi anggotanya.

Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR, Ahmad Ali berujar unggahan foto bersama ketiga istrinya sudah menjadi hak Lora Fadil selalu suami.

"Fraksi NasDem tentunya menghargai sebagai hak privasi dia karena tiga istri itu sudah terjadi sebelum dia menjadi anggota DPR. Jadi sepanjang seperti gambar-gambar itu hal yang memang hak, hak itu juga hak istri dia untuk diketahui kepada publik," kata Ali dihubungi, Minggu (23/1/2022).

Fraksi NasDem, kata Ali, tidak dalam kapasitas menganjurkan atau melarang. Hanya saja, Wakil Ketua Umum NasDem ini mengingatkan Lora Fadil agar tidak berlebihan dalam mengumbar kemesraan.

Saran yang sama juga pernah disampaikan Ali saat Lora menghebohkan media sosial lantaran membawa tiga istri di hari pelantikan dirinya sebagai wakil rakyat di Senayan.

"Yang pasti saya sebagai kakak tentunya (mengingatkan) untuk tidak melakukan hal-hal yang kemudian itu berlebihan yang kemudian nanti membuat publik juga merasa tidak nyaman dengan hal itu," ujar Ali.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar