facebook

Surah Ar Rum Ayat 21: Terjemahan dan Isi Kandungannya Tentang Makna Jodoh dan Pernikahan dalam Islam

Chyntia Sami Bhayangkara
Surah Ar Rum Ayat 21: Terjemahan dan Isi Kandungannya Tentang Makna Jodoh dan Pernikahan dalam Islam
Ilustrasi Al Quran, surah ar rum ayat 21 (Freepik)

Simak berikut terjemahan dan isi kandungan surah Ar Rum Ayat 21.

Suara.com - Surah Ar Rum merupakan yang ke-30 dalam Al-Quran. Surat yang terdiri atas 60 ayat ini tergolong dalam surah Makkiyah atau surah yang diturunkan di kota Mekkah. Surah Ar Rum menjelaskan tentang kebesaran Allah SWT atas segala ciptaan dan kehendak-Nya. Pada artikel ini kami akan membahas seputar Surah Ar Rum ayat 21.

Surah ini juga menjelaskan berhubungan pernikahan umat Islam yakni pada ayat 21. Ayat ini juga menjelaskan bahwa istri dan jodoh merupakan salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Berikut ini adalah surah Ar Rum ayat 21 beserta terjemahan dan isi kandungannya.

Surah Ar Rum Ayat 21

“Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkarun”

Baca Juga: Keistimewaan Surat Al Mulk Jika Dibaca Malam Hari Sebelum Tidur, Anda Akan Dijauhkan dari Siksa kubur Jika Sudah Wafat

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Kandungan Surah Ar Rum Ayat 21

Surah Ar Rum memiliki arti “Romawi” yang mana mayoritas ayat dalam surah ini membahas mengenai kekalahan Romawi dan berita kemenangan yang akan mereka raih di beberapa tahun setelahnya. Meski demikian ada beberapa ayat yang membahas tentang pernikahan dan keluarga.

Dalam surah ini Allah SWT menjadikan laki-laki berpasangan dan menikah dengan wanita dari jenisnya sendiri yakni sama-sama manusia. Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk menikah karena hal itu merupakan ibadah yang memiliki manfaat dan hikmah. Hikmah dari menikah adalah menjauhi dosa dan menjaga kesucian diri.

Selain itu, surah Ar Rum ayat 21 ini mengisyaratkan bahwa pernikahan dapat menghadirkan sakinah mawaddah dan warahmah. Sakinah memiliki arti kedamaian, ketenangan dan tenteram, mawaddah memiliki arti cinta, dan rahmah memiliki ari kasih sayang atau welas asih.

Baca Juga: Menilik 5 Keistimewaan dan Keutamaan Surat Al Fatihah: Bisa untuk Ruqyah hingga Dikabulkan Hajat

Ketiga hal tersebut menjadi tujuan pernikahan berdasarkan surah Ar Rum ayat 21. Dengan tiga aspek dalam pernikahan tersebut dapat membawa berkah dari pernikahan hingga ajal menjemput nanti.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar