facebook

Ini Sederet Properti Tari Jaipong Beserta Instrumen Musik yang Biasa Digunakan Mengiringi Tarian

Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Sederet Properti Tari Jaipong Beserta Instrumen Musik yang Biasa Digunakan Mengiringi Tarian
Ilustrasi Tari Jaipong, Properti Tari Jaipong. (Dok Kemlu)

Apa saja properti tari jaipong? Temukan jawabannya di artikel ini.

Suara.com - Tari Jaipong merupakan tarian yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Tarian ini sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Biasanya Tari Jaipong diperagakan oleh perempuan. Namun ternyata Tari Jaipong juga bisa diperagakan oleh laki-laki. Apa saja properti tari jaipong?

Kelompok Tari Jaipong terdiri dari rampak sejenis (laki-laki atau perempuan), rampak berpasangan (berpasangan laki-laki dan perempuan), tunggal laki-laki dan tunggal perempuan, serta berpasangan laki-laki atau perempuan. Lantas, apa properti tari jaipong?

Dalam Tari Jaipong, penari akan dilengkapi berbagai properti yang berperan untuk menghidupkan suasana dan dapat menambah estetika sang penari itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa properti Tari Jaipong yang dapat kamu ketahui.

Apok

Baca Juga: Sejarah Tari Piring dari Minangkabau, Awalnya untuk Memuja Dewa-dewa Kini Bentuk Syukur saat Panen Raya

Apok merupakan kostum baju bagian atas yang dipakai oleh penari Jaipong. Apok sendiri memiliki ciri yakni terdapat ornamen dan pernak-pernik yang tidak jauh berbeda dengan kebaya. Biasanya ornamen Apok berupa bunga yang ada di beberapa sudut kostum yang berwarna terang seperti merah, kuning maupun biru muda.

Sampur

Sampur memiliki arti sebagai selendang atau kain panjang. Sampur merupakan properti utama yang wajib digunakan oleh penari Jaipong. Sampur dibuat dari kain panjang yang digunakan di bagian leher maupun pinggang penari. Hampir setiap gerakan Tari Jaipong menggunakan sampur dengan memperlihatkan gerakan yang gemulai.

Sinjang

Sinjang merupakan kain panjang yang digunakan sebagai bawahan atau celana sang penari. Meski saat ini penari Jaipong mengenakan kostum yang beragam dan penuh kreasi, penari tetap menggunakan sinjang sebagai salah satu propertinya.

Baca Juga: Asal Usul Tari Kecak Bali, Berasal dari Ritual Sanghyang Dan Kisah Ramayana

Selain tiga properti di atas, biasanya penari Jaipong juga dilengkapi dengan hiasan kepala untuk penampilan yang lebih memukau. Biasanya rambut penari wanita ditata dengan bentuk sanggul yang menjadi ciri khas Tari Jaipong.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar