facebook

Mau Punya 50 Kapal Perang, Prabowo: TNI Bisa Jadi Terkuat se-Asia Tenggara

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Mau Punya 50 Kapal Perang, Prabowo: TNI Bisa Jadi Terkuat se-Asia Tenggara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto [Dok. Pemkot Tangerang]

"Saya telah laporkan ke presiden, kabinet, bahwa dalam 24 bulan kita akan punya mungkin sampai dengan 50 kapal perang yang siap tempur," kata Prabowo.

Suara.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut Indonesia bakal memiliki 50 kapal perang yang siap tempur hingga 2024 mendatang. Ia meyakini kalau TNI bakal menjadi pertahanan yang paling kuat se-Asia Tenggara.

Prabowo mengatakan kalau rencana soal 50 kapal perang siap tempur tersebut sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowo serta Kabinet Indonesia Maju.

"Saya telah laporkan ke presiden, kabinet, bahwa dalam 24 bulan kita akan punya mungkin sampai dengan 50 kapal perang yang siap tempur," kata Prabowo dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI, Kamis (27/1/2022).

"Insyaallah dalam waktu yang bisa kelihatan bahwa TNI akan menjadi sangat kuat di Asia Tenggara, angkatan laut kita akan kembali jaya di samudera," sambungnya.

Baca Juga: Gerindra Gianyar Ikut Lapor Polisi Gara-gara Konten Edy Mulyadi yang Diduga Lecehkan Prabowo Subianto

Prabowo mengungkapkan kalau kapal-kapal milik Indonesia saat ini banyak yang sudah dalam kondisi tidak layak serta tidak dapat diperbaiki kembali.

Misalnya seperti KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513 yang akhirnya akan dilelang karena sudah tidak layak untuk dioperasikan. Selain dua kapal tersebut, TNI AL juga telah mengajukan 22 kapal untuk dihapus dari daftar barang milik negara.

Meski banyak yang tidak layak, Prabowo memastikan kalau TNI AL akan memiliki penggantinya. Kata mantan Danjen Kopassus tersebut, Kementerian Keuangan telah merestui anggaran sektor pertahanan guna mendukung rencana pembangunan kekuatan tersebut.

"Alhamdulillah baru beberapa hari ini kami dapat lampu hijau bahwa kementerian keuangan mendukung penuh," tuturnya.

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Edy Mulyadi Soal 'Macan Mengeong' Prabowo Subianto: Sudah Ada Yang Mengurus

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar