facebook

BSU Subsidi Gaji 2022 Sebesar Rp 1 Juta Kapan Diberikan? Cek Jadwal Cair, Persyaratan dan Cara Daftarnya

Rifan Aditya
BSU Subsidi Gaji 2022 Sebesar Rp 1 Juta Kapan Diberikan? Cek Jadwal Cair, Persyaratan dan Cara Daftarnya
BSU Subsidi Gaji 2022 Sebesar Rp 1 Juta Kapan Diberikan? Cek Jadwal Cair, Persyaratan dan Cara Daftarnya - website Kemnaker, BLT subsidi gaji (bsu.kemnaker.go.id/)

Tahun ini, Kemnaker menargetkan BSU subsidi gaji 2022 disalurkan kepada 8,8 juta pekerja dengan anggaran Rp 8,8 triliun.

Suara.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BSU subsidi gaji 2022. Bantuan ini akan diberikan kepada para pekerja atau buruh yang ekonominya terkena dampak pandemi.

Tahun ini, Kemnaker menargetkan BSU subsidi gaji 2022 disalurkan kepada 8,8 juta pekerja dengan anggaran Rp 8,8 triliun. Syarat untuk mendapatkan BSU2022  ini adalah pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Sementar untuk besaran BSU subsidi gaji 2022 yang akan diberikan sejumlah Rp 1 juta. BSU 2022 ini diberikan setiap bulannya hingga 3 bulan ke depan. 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan bahwa pihaknya kini sedang menyelesaikan regulasi teknis BSU subsidi gaji. Rencananya BSU 2022 akan mulai disalurkan pada bulan April 2022 ini.

Baca Juga: Dikabarkan Cair April, Ini Link Cek BSU 2022

Namun hingga kini Kemnaker masih menyiapkan aturan dan mekanisme pencairan BSU. BSU akan disalurkan melalui mekanisme Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Persyaratan BSU Subsidi Gaji 2022

Hingga kini persyaratan untuk mendapatkan BSU subsidi gaji 2022 masih belum dirilis. Sebagai gambaran, berikut ini persyaratan untuk mendapatkan BSU berdasarkan ketentuan tahun 2021 yang lalu.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga dengan Juni 2021
  • Memiliki upah atau gaji paling besar Rp 3,5 juta (tiga juta lima ratus ribu rupiah) per bulan sesuai upah yang dilaporkan BPJS Ketenagakerjaan
  • Penerima yakni pekerja/buruh yang belum menerima Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan atau Program Bantuan Produktif Usaha Mikro
  • Bekerja di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah
  • Bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, industri, properti, real estat, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan

Cara Cek Penerima BSU Subsidi Gaji 2022

Dalam memastikan pekerjaan dan pendapatan sesuai dengan kategori penerima BSU Subsidi Gaji 2022 dapat mengeceknya terlebih dahulu.

Baca Juga: Cair Bulan April, Ini Link Cek BSU 2022, Yuk Buruan Disimak!

  • Pertama, masuk ke laman bsu.kemnaker.go.id
  • Mendaftarkan akun terlebih dahulu
  • Login dengan akun yang sudah terdaftar
  • Melengkapi profil dan data diri
  • Lalu cek status penerima subsidi. Jika memenuhi persyaratan, maka akan muncul nama pendaftar dalam tampilan beranda

Demikian jadwal cair, persyaratan dan cara daftar BSU subsidi gaji 2022. Semoga dengan adanya BSU ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Komentar