facebook

Membandingkan Gaji Karyawan BUMN dengan PNS, Besar Mana Ya?

Ruth Meliana Dwi Indriani
Membandingkan Gaji Karyawan BUMN dengan PNS, Besar Mana Ya?
Rekrutmen Bersama BUMN 2022. [Foto : fhci.bumn.id]

Kementerian BUMN akan membuka 2.700 lowongan kerja bagi masyarakat mulai Kamis, 14 April 2022. Berminat? Ini perbandingan gaji karyawan BUMN dengan PNS.

Suara.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru saja membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah besar bagi masyarakat yang ingin berkarier di perusahaan pelat merah tersebut.

Tak tanggung-tanggung, ada 2.700 kursi yang disediakan dalam program bernama Rekrutmen Bersama BUMN 2022 tersebut. Program itu sudah dimulai sejak Selasa (12/4/2022). Hal ini tentu menjadi kabar baik di tengah sulitnya mencari pekerjaan di tengah pandemi.

Selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerjaan pegawai BUMN masih menjadi salah satu favorit pencari kerja. Bekerja di perusahaan pelat merah memang punya gengsi tersendiri. Di samping itu gajinya pun konon terbilang besar.

Beberapa BUMN top menjanjikan jenjang karier yang baik, seperti PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang menjadi pemimpin di sektor telekomunikasi. Kemudian ada PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), salah satu dari empat bank besar di Indonesia. Jangan lupa PT Pertamina (Persero) yang sudah dikenal hingga mancanegara.

Baca Juga: Nelayan di Cirebon Ngeluh Solar Langka, Ridwan Kamil: Presiden Perintahkan Kementerian BUMN Dirikan SPBN

Perusahaan-perusahaan tersebut memberikan gaji besar bagi para karyawannya. Namun besaran gaji yang diberikan juga bergantung pada jabatan dan lama kerja masing-masing karyawan.

Lalu apakah gaji pegawai BUMN lebih besar dari gaji PNS? Dilansir dari sejumlah situs pencari kerja, Pertamina memiliki rentang gaji yang bervariasi mulai dari pekerjaan engineer hingga staf.  

Posisi site engineer digaji Rp30 juta-Rp33 juta, sedangkan untuk level engineer saja gajinya sudah Rp19 juta-Rp21 juta per bulan. Besar ya? Untuk level analis, mereka per bulannya menerima Rp10 juta-Rp37 juta. Adapun IT specialist sebesar Rp19 juta-Rp21 juta.

Pertamina sendiri menggaji manajer sebesar Rp15 juta-Rp16 juta per bulan dan staf sebesar Rp5 juta-Rp6 juta per bulan. Yang menarik, gaji petugas SPBU ternyata berada pada kisaran Rp1,9 juta sampai Rp5,1 juta per bulan.

Telkom tak kalah bikin ngiler. Perusahaan BUMN tersebut rela menggelontor duit sekitar Rp88 juta-Rp94 juta per bulan untuk soerang product manager. Sedangkan untuk strategic investment manager sebesar Rp58 juta-Rp62 juta per bulan.

Baca Juga: Berminat Kerja di BUMN? Berikut Cara Daftar Loker Bersama Beserta Syaratnya

Adapun untuk level senior manager, gaji yang diberikan sebesar Rp39 juta-43 juta per bulan. Untuk level staf, gaji per bulannya pun lumayan, sebesar Rp8 juta. Untuk karyawan baru dan masuk melalui jalur management trainee akan menerima gaji kisaran Rp7 juta-Rp 8 juta.

Selanjutnya, karyawan Bank Mandiri dalam periode yang sama untuk level area branch manager, menerima gaji sebesar Rp68 juta-Rp74 juta per bulan.

Sedangkan untuk level manager akan menerima duit sebesar Rp27 juta-Rp30 juta per bulannya. Adapun jabatan internal auditor digaji sebesar Rp10 juta-Rp11 juta per bulan, sedangkan level staf digaji Rp10 juta per bulan.

Bagaimana dengan karyawan baru dengan jalur management trainee (MT) atau officer development program (ODP)? Penghasilannya ternyata sudah sangat lumayan, Rp6 juta per bulan.

Sedangkan posisi frontliner di bank ini diberi bayaran Rp3 juta-Rp4 juta per bulan. Adapun petugas keamanan bergaji sebesar Rp3 juta per bulan.

Rata-rata gaji pegawai BUMN yang disebutkan di atas bisa dibilang lebih tinggi dari gaji PNS. Sebagai informasi, gaji pokok PNS dengan golongan terendah adalah sebesar Rp1.560.800.

Sedangkan gaji pokok PNS tertinggi adalah sebesar Rp5.901.200. Bagaimana, masih ingin melewatkan lowongan kerja BUMN? Yuk buruan daftar!

Kontributor : Alan Aliarcham

Komentar