facebook

Doa Buka Puasa Ramadhan Latin dan Artinya, Bacalah di Waktu Berbuka Puasa

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Buka Puasa Ramadhan Latin dan Artinya, Bacalah di Waktu Berbuka Puasa
Ilustrasi puasa, doa buka puasa ramadhan latin (Freepik)

Pada bulan Ramadha, umat muslim diwajibkan berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari (maghrib). Nah, berikut ini niat puasa dan doa buka puasa Ramadhan latin

Suara.com - Bulan Ramadhan adalan penuh berkah, bulan yang memiliki peran penting di antara bulan-bulan lainnya yang ada dalam Kalender Islam. Pada bulan Ramadan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari (maghrib). Nah, berikut ini bacaan niat puasa dan doa buka puasa Ramadhan latin yang perlu diketahui.

Bulan puasa ini dilakukan selama 30 hari full. Selama 30 hari tersebut, umat muslim diwajibkan berpuasa kecuali sedang berhalangan (haid, sakit, musafir). Meski demikian, bagi yang tak berpuasa diwajibkan untuk mengganti puasa di luar bulan puasa Ramadhan. Setelah menjalani puasa 30 hari, lalu akan diakhiri dengan perayaan Idul Fitri.

Menjalankan ibadah puasa tentunya harus diawali dengan niat buka puasa dan diakhiri dengan doa buka puasa saat bedug magrib tiba. Adapun bacaan niat puasa dan doa buka puasa ramadhan latin yakni sebagai berikut.

Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan 

Baca Juga: 4 Adab Berbuka Puasa yang Diajarkan Rasulullah SAW, Amalkan Agar Dapat Berkah

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala"

Selain membaca niat puasa, dianjurkan juga membaca doa buka puasa. Adapun bacaannya yaitu sebagai berikut:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Keutamaan, Waktu Membaca hingga Beberapa Versi Bacaannya

Selain doa buka puasa di atas, ada doa buka puasa lainnya yang bisa diamalkan umat muslim. Adapun bacaan doanya seperti di bawah ini:

Komentar