facebook

Tiket Mudik Gratis Ludes, Pemprov DKI Lakukan Verifikasi untuk Cari Sisa Kuota

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Tiket Mudik Gratis Ludes, Pemprov DKI Lakukan Verifikasi untuk Cari Sisa Kuota
Ilustrasi penumpang mudik menggunakan bus. [Antara]

Jika nantinya diketahui ada data ganda yang terdaftar, maka salah satunya akan dihapus.

Suara.com - Pemprov DKI Jakarta masih mengupayakan adanya kuota untuk tiket mudik gratis. Saat ini sedang dilakukan verifikasi kepada pemudik yang telah terdaftar.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan kerap kali ada pemudik yang datanya terdaftar lebih dari satu kali. Pihaknya melakukan verifikasi untuk memastikan hal ini tidak terjadi.

"Jadi bapaknya daftar, anaknya juga daftar, kita lagi verifikasi mumpung masih ada waktu," ujar Yayat saat dikonfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Jika nantinya diketahui ada data ganda yang terdaftar, maka salah satunya akan dihapus. Artinya jika ditemukan, masih ada lagi kuota yang tersedia.

Baca Juga: Antisipasi SOTR, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta Gelar Filterisasi di 13 Lokasi

"Nanti jika ada double kan masih ada waktu umumkan lagi ke masyarakat bahwa kuota masi tersedia," jelasnya.

Yayat mengatakan, biasanya data ganda atau double ini terjadi karena situs yang sedang sulit diakses. Akhirnya dalam satu keluarga ada lebih dari satu orang yang coba mendaftar.

"Sekrang kendalanya itu karena mungkin traffic untuk daftar itu penuh, mereka harus antre, akhirnya nyoba-nyoba, orang tua nyoba, anak nyoba didaftarkan itu keluarganya, ini juga daftar jadi bisa double," pungkasnya.

Ludes

Sebelumnya sebanyak 11 ribu tiket mudik gratis ludes diborong pemudik.

Baca Juga: Cegah Gangguan Keamanan, TNI-Polri dan Pemprov DKI Gelar Filterisasi Sahur on the Road di 13 Lokasi Ini

Pada program yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ini, disediakan 19 ribu tiket. Rinciannya, 11 ribu untuk berangkat mudik dan 8.000 sisanya untuk balik ke Jakarta.

Habisnya tiket mudik gratis ini diketahui dari situs www.mudikgratisdkijakarta.id yang dilihat pukul 16.00 WIB. Kuota bus penumpang untuk berangkat mudik tersisa 0.

Dari 292 unit bus yang disediakan, Dishub DKI menyediaka 11.680 kursi dan saat ini seluruhnya sudah terisi penuh. Lalu, untuk pengangkut motor masih tersisa 104 dari 660 kuota yang disediakan.

Namun, untuk tiket gratis arus balik masih tersedia 857 kursi dari total 8.000 kuota yang tersedia. Untuk truk pengangkut motor arus balik masih juga tersisa 41 dari 270 kuota yang disediakan.

Diketahui, ada 17 kota dan kabupaten di lima provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa yang jadi tujuan mudik gratis ini. Belasan kota tujuan itu ialah Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, dan Wonosobo.

Kemudian, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, serta Malang.

Komentar