facebook

Jalur Alternatif Mudik ke Jawa Tengah, Antisipasi Jalan Nasional Macet!

Rifan Aditya
Jalur Alternatif Mudik ke Jawa Tengah, Antisipasi Jalan Nasional Macet!
Jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah - Ilustrasi mudik lebaran 2022 - Pemudik memasuki jalan lintas Sumatera di Lampung [ANTARA]

Mudik lebaran 2022 membuat sejumlah ruas jalan, termasuk jalan tol macet parah. Hal ini membuat pemudik mencari tahu jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah.

Suara.com - Mudik lebaran yang tengah berlangsung tahun ini membuat sejumlah ruas jalan, termasuk jalan tol macet parah. Hal ini membuat pemudik mencari tahu jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah.

Pada arus mudik lebaran 2022, banyak pemudik dari Jabodetabek banyak menuju wilayah Jawa Tengah. Hal ini menyebabkan meningkatnya tingkat kemacetan dan kepadatan kendaraan. Oleh karenanya telah disediakannya beberapa jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah yang menjadi pilihan para pemudik untuk menghindari kemacetan khususnya.

Berikut ini jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah dan sekitarnya yang dapat kamu ketahui.

Jalur Alternatif ke Jawa Tengah

Baca Juga: Pantauan Arus Mudik Lebaran 2022 di Surabaya, Malam Ini Sampai Besok Diprediksi Jadi Puncaknya

Para pemudik yang menuju Jawa Tengah khususnya Semarang dan Banjanegara, dianjurkan untuk menggunakan jalur alternatif yakni melalui tol Brebes-Batang. Jika pemudik berasal dari Jabodetabek dapat melewati tol Palimanan - Kanci kemudian dilanjutkan tol Kanci - Pejagan dan tol Pejagan - Brebes. Setelah itu kamu masuk ke tol Brebes - Batang

Jalur Alternatif  Tengah

Bagi para pemudik yang hendak menuju Jawa Tengah dan Yogyakarta, pemudik dapat menggunakan jalur alternatif tengah yakni Jakarta - Cikampek, tol Cipali - Pejangan - Prupuk, tol Prupuk - Bumiayu, Bumiayu - Purwokerto. 

Untuk menuju Yogyakarta, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Wonosobo - Magelang dan Magelang - Yogyakarta.

Jalur Alternatif Pantai Selatan (Pansela)

Baca Juga: Buat yang Mau Mudik Lewat Akses Tol Surabaya ke Malang, Sore Ini Arus Lalu Lintas Lancar

Jalur alternatif pantai selatan (pansela) juga bisa menjadi pilihan untuk perjalanan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menghimbau masyarakat untuk menggunakan jalur pansela. Diketahui jalur pansela lebih nyaman, jalanan lebih mulus dan memiliki pemandangan indah sepanjang jalan. 

Komentar