facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Foto Menteri Agama Yaqut Rangkul Ragil Mahardika?

Dany Garjito | Elvariza Opita
CEK FAKTA: Benarkah Foto Menteri Agama Yaqut Rangkul Ragil Mahardika?
Tangkapan layar foto Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika. (kominfo.go.id)

'Gus Ragil. Kader Ansor Cabang Jerman,' begitulah keterangan yang tertera di foto menghebohkan tersebut.

Suara.com - Baru-baru ini publik dibuat ramai dengan sosok Ragil Mahardika. Namanya menuai kontroversi di tengah masyarakat karena kehadirannya di podcast Deddy Corbuzier mengenai pernikahan sesama jenis.

Pro dan kontra mengiringi kehadiran Ragil bersama pasangannya di konten tersebut. Protes masif yang berkembang membuat Deddy memutuskan menghapus konten tersebut demi meredam amarah publik.

Namun belum benar-benar tuntas perkara tersebut, kini beredar sebuah foto menghebohkan yang mencatut sosok Ragil. Bahkan foto tersebut turut memperlihatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Foto ini salah satunya beredar di media sosial Twitter, bahkan sudah diunggah sejak 11 Mei 2022 kemarin. Tampak Yaqut berfoto sambil merangkul Ragil, sementara keduanya terlihat tersenyum sambil mengacungkan ibu jari ke arah kamera.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ada Kaos Bertuliskan Haram Dukung Anies Baswedan saat Konvoi Motor, Benarkah?

Bukan cuma itu, foto tersebut turut mencantumkan amanah yang diemban Ragil dan Yaqut. Berdasarkan narasi yang berkembang, rupanya keduanya dipertemukan sebagai sesama bagian dari Ansor.

"Gus Ragil. Kader Ansor Cabang Jerman," begitulah keterangan yang tertera di foto tersebut. "Gus Yaqut. Panglima tertinggi GP Ansor / Banser."

Tangkapan layar foto Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika. (kominfo.go.id)
Tangkapan layar foto Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika. (kominfo.go.id)

Sementara si pemilik akun Twitter terlihat menyertakan caption yang sangat emosional menanggapi foto tersebut. "Banser cabang Dub**," tulisnya.

Namun benarkah Ragil Mahardika merupakan kader Ansor hingga sempat berfoto bersama Yaqut?

PENJELASAN

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Foto Anies Baswedan Disebut Bersama Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi Pimpinan ISIS, Benarkah?

Melansir Kominfo.go.id, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi rupanya telah mengklarifikasi perihal foto tersebut. Zainut menegaskan kalau foto Yaqut bersama Ragil merupakan hoaks.

Klaim hoaks ini, ditegaskan Zainut, berdasarkan keterangan dari ahli yang sudah memeriksa keaslian foto tersebut.

Perihal berkembangnya foto tersebut, Zainut menduga ada sekelompok orang yang sengaja membuat informasi hoaks untuk diviralkan di media sosial. Zainut menduga tujuannya agar citra tokoh agama yang kebetulan menjadi pejabat negara di era Presiden Joko Widodo menjadi buruk.

KESIMPULAN

Dengan demikian, foto Menag Yaqut bersama Ragil Mahardika tersebut bisa dikategorikan sebagai hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar