facebook

Petaka Bus PO Ardiansyah Di Tol Mojokerto: Pulang Wisata, Kecelakaan, 14 Penumpang Tewas

Bangun Santoso
Petaka Bus PO Ardiansyah Di Tol Mojokerto: Pulang Wisata, Kecelakaan, 14 Penumpang Tewas
Kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto [foto: Beritajatim]

Kabar terbaru menyebutkan bahwa ada 15 orang meninggal dunia dalam kecelakaan bus di Tol Mojokerto ini

Suara.com - Peristiwa kecelakaan maut kembali terjadi, kali ini terjadi di ruas jalan tol Mojokerto, Jawa Timur. Insiden itu menyasar bus pariwisata yakni PO Ardiansyah hingga menyebabkan 14 orang korban meninggal dunia.

Insiden kecelakaan bus itu terjadi setelah rombongan penumpang usai berwisata dari Dieng dan Yogyakarta.

Kronologi Kecelakaan Bus Di Tol Mojokerto

Kecelakaan bus PO Ardiansyah di tol Mojokerto terjadi pada pada Senin (16/5/2022) pagi kemarin. Kecelakaan bus itu tepatnya terjadi di ruas tol Mojokerto KM 712+400 jalur A, tol Surabaya-Mojokerto.

Baca Juga: Fakta-fakta Kecelakaan Maut Bus PO Ardiansyah di Tol Surabaya-Mojokerto Tewaskan 14 Orang

Pada peristiwa kecelakaan itu melibatkan satu unit bus pariwisata. Polisi memastikan jumlah korban tewas kecelakaan berjumlah 14 orang. Sedangkan 19 orang mengalami luka-luka dan dirawat di lima rumah sakit.

Kejadian nahas itu bermula saat bus PO Ardiansyah dengan nomor polisi S 7322 UW, membawa 31 penumpang dari arah Yogyakarta menuju Surabaya. Bus yang dikendarai AF diduga melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam.

Saat tiba di kilometer 712+200 jalur A tol Surabaya-Mojokerto, bus kemudian oleng ke arah kiri dan menabrak tiang Variable Message Sign yang berada di pinggir jalan. Akibatnya bus terguling di bahu jalan tol.

Kecelakaan maut ini terjadi sekitar pukul 06.20 WIB. Bus membawa penumpang yang selesai berwisata dari Dieng dan Yogyakarta.

Hingga saat ini, dugaan sementara penyebab kecelakaan itu adalah sopir mengantuk karena kelelahan. AF sendiri merupakan sopir cadangan dan bukan sopir utama dari bus Ardiansyah itu.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Bus di Tol Mojokerto, Diduga Sopir Mengantuk, Belasan Penumpang Meninggal Dunia

Penyebab pastinya kecelakaan maut itu sendiri masih diselidiki oleh aparat kepolisian setempat.

“Bus berisi 31 penumpang dengan satu driver utama dan satu cadangan, jadi total yang ada di dalam bus sebanyak 33 orang,” kata Kapolres Kota (Kapolresta) Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Korban Meninggal Dunia

Pemerintah Kota Surabaya bantu siapkan pemakaman korban kecelakaan maut bus Ardiansyah di Kelurahan Benowo. Jumlahnya ada belasan orang. (Antara)
Pemerintah Kota Surabaya bantu siapkan pemakaman korban kecelakaan maut bus Ardiansyah di Kelurahan Benowo. Jumlahnya ada belasan orang. (Antara)

Kabar terbaru menyebutkan bahwa ada 15 orang meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Tol Mojokerto ini. Sebanyak 13 orang dinyatakan meninggal dunia di tempat, sedangkan 2 lainnya meninggal dunia saat dalam perawatan di rumah sakit. Tentu saja, ini menjadi duka mendalam bagi keluarga korban.

Korban luka berat dan ringan dilarikan ke Rumah Sakit Petrokimia Gresik, Rumah Sakit Citra Medika, dan Rumah Sakit EMMA Kota Mojokerto. Korban meninggal dunia dievakuasi ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Mojokerto, dan Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto.

Dalam rangka informasi kepada keluarga korban, pihak kepolisian masih menunggu validasi data setiap korban agar tidak terjadi misinformasi yang beredar.

Komentar