facebook

Sama-sama Ngebet Maju Pilpres 2024, Begini Kata Pengamat soal Pertemuan Ridwan Kamil-Airlangga

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Sama-sama Ngebet Maju Pilpres 2024, Begini Kata Pengamat soal Pertemuan Ridwan Kamil-Airlangga
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar]

"Kan sama, Airlangga dan RK ini punya niat maju ke Pilpres 2024," kata dia.

Suara.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menemui Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta. Menanggap hal tersebut, Pengamat Sosial Politik dari Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa menyebut pertemuan tersebut tidak terlepas dari urusan politik menuju 2024.

"Pertemuan ini berlangsung pasca adanya deklarasi Golkar, PAN dan PPP sebagai koalisi sehingga bisa dipersepsikan ini bagian dari manuver politik," ujar Herry kepada Suara.com, Selasa (17/5/2022).

Apalagi menurut Herry, Airlangga dan Emil memiliki ambisi mencalonkan diri pada kontestasi Pilpres 2024.

"Kan sama, Airlangga dan RK ini punya niat maju ke Pilpres 2024," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Ada Golongan Relawan Merepotkan: Sudah Dikasih Kesempatan tapi Tak Pernah Puas

Selain itu, Herry menganggap pertemuan Airlangga dan Emil juga dapat dijadikan sebagai strategi pembentukan opini di publik.

"Pertemuan mereka berdua adalah upaya membentuk preferensi politik. Ibaratnya apa publik merespons positif jika keduanya maju bersama, lalu seberapa besar peluang itu tercipta. Saya kira ini yang diharapkan dari pertemuan itu," tutur Herry.

Tak hanya itu, Herry melihat bahwa pertemuan tersebut dijadikan ajang menggaet elektoral bagi Airlangga-Golkar, maupun Emil.

"Sisi lainnya soal insentif elektoral yang mana pertemuan ini bisa saja digunakan sebagai pemantik untuk meraup simpatik bahkan suara publik ke masing-masing elemen baik Airlangga dengan Golkar maupun RK sendiri," papar Herry.

Sementara itu, Emil kata Herry juga sukses memoles diri dari pertemuannya dengan Airlangga dan Golkar yang setidak-tidaknya meningkatkan nilai jualnya.

Baca Juga: Buya Syafii Dirawat di RS karena Sesak Napas, Golkar DIY siap Lawan Isu Pemecatan Airlangga

"Justru dengan pertemuan tersebut, RK diuntungkan banyak bahwa dia hadir dengan nilai bargaining yang tinggi," ujar Herry.

Komentar