facebook

Peluang Ganjar dan Ridwan Kamil Jadi Capres Kecil, Pengamat Ungkap Cocoknya Isi Posisi Ini

Ruth Meliana Dwi Indriani
Peluang Ganjar dan Ridwan Kamil Jadi Capres Kecil, Pengamat Ungkap Cocoknya Isi Posisi Ini
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. [Dok Pemprov Jateng]

Pengamat politik menilai peluang Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024 kecil. Justru cocoknya isi posisi ini jika mau menang.

Suara.com - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang masuk dalam bursa Pilpres 2024. Namun, baru-baru ini pengamat mengungkap peluang keduanya menang sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang kecil.

Melansir Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, prediksi itu diungkapkan oleh Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Menurutnya, peluang Ganjar dan Ridwan Kamil menjadi calon presiden atau capres relatif kecil. Hal tersebut disebabkan karena baik Ganjar dan Riwan Kamil masih belum memiliki partai yang mendukung mereka.

Jamiluddin mengamini jika elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil sebenarnya tinggi dan layak menjadi capres. Namun, ia menyayangkan elektabilitas tinggi keduanya tidak didukung dengan partai pengusung.

Baca Juga: Ganjar Ajak Rotary Indonesia Bersinergi dengan Pemerintah untuk Selesaikan Kasus Kawin Muda Hingga Pendidikan Anak

"Meskipun bila dilihat dari elektabilitasnya, Ganjar dan Ridwan sebenarnya layak menjadi capres. Keduanya sebenarnya relatif kompetitif," kata Jamiluddin pada Rabu (18/5/2022).

Karena itu, Jamiluddin justru menyebut sosok Ganjar dan Ridwan Kamil justru lebih tepat mengisi posisi sebagai calon wakil presiden. Ia menilai keduanya berpeluang besar jika menjadi cawapres dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Masalahnya, Ganjar dan Ridwan tidak punya perahu yang mengusungnya menjadi capres. Jadi, mereka lebih berpeluang menjadi cawapres," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jamiluddin mengatakan bahwa Ganjar memang merupakan kader PDIP. Meski memiliki partai, namun nyatanya PDIP dinilai akan mengusung sebagai capres.

Karena itu, Jamiluddin menilai peluang Ganjar maju sebagai capres dengan dukungan PDIP sudah tertutup pintunya. Mengenai peluang partai lain mengusung Ganjar, pengamat juga tidak meyakininya.

Baca Juga: Hadir di Jambore Nasional Kompaksi API 2022, Ganjar: Dibutuhkan Kekuatan dan Saling Dukung dalam Tugas Anti Korupsi

"Ganjar juga akan sulit diusung Golkar sebagai capres. Sebab, Golkar sudah menetapkan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai Capres," ujar Jamiluddin.

Sementara itu terkait Ridwan Kamil, pengamat memang menyebut Mantan Wali Kota Bandung itu memiliki kedetakan dengan Partai NasDem. Kendati demikian, Ridwan Kamil dinilai akan kalang bersaing dengan Anies Baswedan jika mau maju sebagai capres. 

"Jadi Ganjar dan Ridwan Kamil tampaknya masih punya peluang untuk posisi cawapres di poros Golkar, PPP, PDIP dan sebagainya," pungkasnya.

Komentar