facebook

Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva Bongkar Pungli Tilang, Tanggapan Kemenkumham Bikin Kaget

Pebriansyah Ariefana
Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva Bongkar Pungli Tilang, Tanggapan Kemenkumham Bikin Kaget
Miss Estonia, Valeria Vasilieva. (Instagram)

Dia telah keluar Indonesia melalui Bali menggunakan maskapai Qatar Airways (QR 961) menuju Doha pada Selasa (17/5).

Suara.com - Warga Negara Estonia bongkar pungli tilang. Bule itu adalah Valeria Vasilieva.

Valeria Vasilieva merupakan Miss Global Estonia 2022 telah keluar Indonesia melalui Bali menggunakan maskapai Qatar Airways (QR 961) menuju Doha pada Selasa (17/5).

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyampaikan bahwa pernyataan Valeria Vasilieva yang menuduh adanya pungutan liar (pungli) saat dia kena tilang sulit dibuktikan kebenarannya.

“Terkait proses hukum akibat video yang telah diunggah, kami serahkan kepada instansi terkait, karena saat kejadian itu, kami tidak tahu persis kapan timecus (waktu, red.), dan locus (tempat, red.), kami baru mengetahui video tersebut pada 17 Mei 2022,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu di Denpasar, Jumat.

Baca Juga: Jadi Buronan, 7 Fakta Miss Estonia Hina Polisi Bali Korup Buntut Ditilang

Catatan Imigrasi menunjukkan Valeria tiba di Bali pada 25 April 2022 menggunakan visa kunjungan.

Imigrasi tidak dapat menemui Valeria untuk menindaklanjuti pernyataan dia di media sosial karena WNA itu telah keluar Bali setelah video viral.

Anggiat mengatakan meskipun Valeria mengunggah video yang belum dapat terbukti kebenarannya, Imigrasi tidak dapat serta-merta memasukkan dia ke dalam daftar orang yang dilarang masuk ke dalam negeri (blacklist).

“Perihal pengenaan daftar blacklist kepada yang bersangkutan, tidak bisa dikenakan serta-merta, harus melalui permohonan atau pengajuan dari aparatur hukum terkait yang selanjutnya segera ditindaklanjuti,” kata Kakanwil Kemenkumham Bali.

Imigrasi harus melalui rangkaian prosedur yang di antaranya bertemu langsung dengan Valeria untuk memeriksa lebih lanjut unggahannya di media sosial itu.

Baca Juga: Miss Estonia yang Viral Karena Sebut Polisi Bali Korupsi Sudah Pergi dari Indonesia

Valeria mengunggah video yang berisi pengakuan dirinya diminta pungutan liar oleh oknum polisi saat dia kena tilang.

Komentar