facebook

Tajir 'To The Moon'! Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia versi Forbes

Ruth Meliana Dwi Indriani
Tajir 'To The Moon'! Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia versi Forbes
Majalah Forbes baru-baru ini kembali merilis daftar 10 orang terkaya di dunia pada 2022. Siapa sajakah mereka? (Instagram/@thisisbillgates)

Majalah Forbes baru-baru ini kembali merilis daftar 10 orang terkaya di dunia pada 2022. Siapa sajakah mereka?

Suara.com - Suara.com – Baru-baru ini, majalah finansial dan bisnis Amerika Serikat, Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia. DIkutip dari Forbes Real Time Billionaires pada Jumat (20/5/2022) Forbes menyatakan kini ada 10 orang terkaya di dunia.

Nama-nama pengusaha, filantropi dan pesohor dunia bertengger disana, seperti Elon Musk, Bill Gates dan Jeff Bezos.

Mereka tidak hanya sukses sebagai pengusaha bidang teknologi, tapi pengaruhnya juga berperan dalam peta ekonomi dan politik global saat ini.

Siapa sajakah 10 orang terkaya di dunia saat ini yang masuk dalam daftar Majalah Forbes? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Fakta Unik di Balik Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di Markas SpaceX

1. Elon Musk

Jika mendengar nama Elon Musk, hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita bisa jadi adalah sebuah mobil dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Mobil tersebut diberi nama Tesla, dan bisa mengendarai sendiri, mengantar siapapun yang menumpanginya.

Karena itulah, dalam beberapa tahun terakhir ini nama Elon Musk selalu bertengger di posisi teratas orang-orang dengan kekayaan paling banyak di dunia.

Kekayaannya bersumber dari dua perusahaan besutannya, yakni Tesla yang merupakan perusahaan mobil listrik, serta Space X yang berupakan perusahaan roket luar angkasa.

Saat ini, kekayaan Elon Musk tercatat sebesar 216,3 miliar dollar AS, atau setara sengan Rp3.172 triliun. Hal itulah yang membuat Elon Musk saat ini adalah orang terkaya di dunia nomor wahid.

Baca Juga: The Best 5 Oto: xEV Center Toyota untuk Pembelajaran Elektrifikasi, Elon Musk Pikirkan Tesla, Kendala Harley-Davidson

2. Bernard Arnault dan keluarga

Nama Bernard Arnault mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namanya masih kurang familiar dibandingkan dengan nama Elon Musk atau Bill Gates.

Namun siapa sangka kalai Bernard Arnault adalah orang terkaya di dunia nomor dua versi majalah Forbes.

Bernard Arnault adalah ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama di dunia, yakno Moet Hennessy Luis Vuitton (LVMH).

Perusahaan ini membawahi grup yang terdiri dari 70 perusahaan dengan merk fashion ternama, termasuk diantaranya Louis Vuitton dan Sephora.

Dengan brand ternama tersebut, kini total kekayaan Bernard Arnault dan keluarga mencapai 143,5 miliar dollar, atau setara dengan Rp2.104 tiliun.

3. Jeff Bezos

Kalau Anda pernah mendengar Amazon dan Blue Origin, maka Jeff Bezos adalah orang yang berada di belakang perusahaan tersebut. ia adalah pendiri dua perusahaan teknologi multinasional tersebut.

Saat ini total kekayaan Jeff Bezoz mencapai 134,9 miliar dollar AS atau setara dengan Rp1.978 triliun. Inilah yang membuat majalah Forbes menempatkan Jeff Bezoz dalam daftar orang terkaya di dunia nomor 3.

4. Bill Gates

Gill Gates adalah salah satu pendiri Microsoft. Ia juga dikenal sebagai salah satu miliarder nan dermawan, melalui sejumlah aksinya di bidang filantropi.

Karena itu pula, ia merupakan pendiri yayasan amal terbesar di dunia, yang dibweri nama “Bill and Melinda Gates Foundation”.

Saat ini jumlah kekayaan Bill Gates mencapai 124,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp1.824 triliun. Inilah yang membuat Gates duduk di posisi keempat, orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Namun bukan kali ini saja nama Bill Gates masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Dalam tiga dekade terakhir, namanya selalu masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes.

5. Warren Buffet  

Di posisi ke lima dalam daftar orang terkaya di dunia Majalah Forbes ada Warren Buffet. Ia disebut-sebut sebagai salah satu investor paling sukses sepanjang masa.

Warren Buffet memiliki lebih dari 60 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari asuransi hingga kuliner. Beberapa nama perusahaannya yang terkenal diantaranya Asuransi Geico, baterai Duracell dan restoran Dairy Queen.

Dan kini kekayaan berihnya mencapai 110,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.622 triliun.

6. Gautam Adani

Gautam Adani adalah pengusaha sukses asal India. Ia merupakan pendiri dan pimpinan dari Adani Group, perusahaan yang bergerak di sektor pelabuhan dan energi, dengan enam perusahaan publik di India.

Adani telah memimpin ekspansif secara agresif ke energy terbarukan, media, bandara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Majalah Forbes memperkirakan, nilai kekayaan Adani kini mencapai 109,5 miliar dollar atau setara dengan Rp1.605 triliun.

7. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani berada di urutan ke tujuh, orang terkaya di dunia versi Malajah Forbes. Sama seperti Gautam Adani, Mukesh Ambani juga berasal dari India.

Menurut Forbes, kekayaan Ambani kini mencapai 97,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp1.431 triliun.

Sebagian besar kekayaannya berasal dari sahamnya di Reliance, sebuah perusahaan yang berrgerak di bisnis penyulingan minyak dan petrokimia.

8. Larry Page

Larry Page adalah salah satu pendiri perusahaan Google. Sejak 4 April 2011, ia menjabat denbagai CEO di Google Incorporated, menggantikan Eric Schmidt.

Ia dikenal sebagai salah satu investor di Planetary Resources, sebuah perusahaan eksplorasi luar angkasa yang terkenal yang juga mendanai “Flying Car”. Selain itu, Page juga diketahui memiliki perusahaan start-up Kitty Hawk dan Opener.

Karena itulah, Forbes mencatat kekayaan Larry page mencapai 96,4 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1.413 triliun.

9. Larry Ellison

Di posisi sembilan orang terkaya di dunia 2022 versi majalah Forbes adalah Larry Ellison. Forbes mencatat ia memiliki kekayaan bersih 94,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp1.384 triliun.

Kekayaan itu diperolehnya dari Oracel, yang merupakan perusahaan perangkat lunak yang di dirikan pada 1977.

Ellison juga memiliki 3 juta saham Tesla, salah satu perusahaan milik Elon Musk. Hal itulah yang membuatnya kini menjadi salah satu dewan di Tesla sejak Desember 2018.

10. Sergey Brin

Di posisi buncit daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, ada Sergey Brin. Ia merupakan pengusaha Amerika Serikat kelahiran Rusia. Ia merupakan salah satu pendiri Google bersama Larry Page.

Totak kekayaan Sergey Brin saat ini diperkirakan 92.8 liliar dollar AS atau setara dengan Rp1.361 triliun.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Komentar