facebook

Ditunjuk Presiden Jokowi Urus Minyak Goreng, Menko Luhut: InsyaAllah akan Beres

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Ditunjuk Presiden Jokowi Urus Minyak Goreng, Menko Luhut: InsyaAllah akan Beres
Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram/luhut.pandjaitan)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan hanya sekedar membantu soal penunjukkan Presiden Jokowi kepadanya untuk urusan minyak goreng.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan hanya sekedar membantu soal penunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya untuk urusan minyak goreng.

Ia meyakini, jika permasalahan mengenai minyak goreng di Indonesia akan beres.

"Saya hanya bantu saja, sekarang saya kira InsyaAllah akan beres tuh minyak goreng, yang penting kan selesai. Ya insyaAllah akan beres, saya nggak lihat ada masalah paling..." kata Luhut saat usai menghadiri acara pengarahan dan evaluasi presiden untuk aksi afirmasi bangga buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022).

Keyakinan Luhut tersebut berdasarkan pasokan minyak gorang yang disebutnya sudah cukup, bahkan lebih. Harga minyak goreng juga dikatakannya sudah mulai menurun dan dipastikan distribusinya kepada masyarakat bisa berjalan.

Baca Juga: 15 Posisi Penting yang Dijabat Luhut Binsar Panjaitan di Era Jokowi, Terbaru Urus Minyak Goreng Jawa-Bali

Lantaran sudah ditugaskan Jokowi, maka Luhut bakal melakukan audit perusahaan minyak sawit. Ia mengklaim programnya tersebut pertama kali dalam sejarah.

"Luas nya berapa, HGU-nya, HPL, statusnya sudah jelas, kemudian produksinya, kemudian headquarter nya. Tidak boleh ada headquarter kelapa sawit yang di luar wilayah Republik Indonesia. Harus di Indonesia, supaya pajaknya (masuk)," jelasnya.

Luhut menyebut proses audit minyak sawit itu bakal dilakukan pada awal Juni 2022 nanti.

"Jadi dengan demikian makin tertib."

Kenapa Jokowi Minta Luhut Urus Minyak Goreng?

Baca Juga: Daftar Jabatan yang Diemban Luhut di Era Jokowi, Terbaru Diperintahkan Urus Minyak Goreng di Jawa-Bali

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ditugaskan untuk mengurusi masalah minyak goreng. Hal itu disampaikan Luhut dalam sambutannya secara virtual pada acara Perayaan Puncak Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) pada Sabtu lalu.

Komentar