facebook

Kental Unsur Betawi, Ini 5 Poin Alasan Anies Baswedan Pilih Nama Jakarta Hajatan untuk HUT DKI

Agatha Vidya Nariswari
Kental Unsur Betawi, Ini 5 Poin Alasan Anies Baswedan Pilih Nama Jakarta Hajatan untuk HUT DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka rangkaian acara HUT ke-495 Jakarta di Kepulauan Seribu. (Suara.com/Fakhri)

Acara tahun ini juga merupakan pencanangan nama Jakarta Hajatan untuk perayaan ulang tahun DKI Jakarta ke depannya. Ini 5 alasan Anies Baswedan memilih nama Jakarta Hajatan.

Suara.com - Rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta resmi dibuka di Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022). Acara ulang tahun Ibu Kota ini akan digelar selama satu bulan, mulai dari 24 Mei hingga 25 Juni 2022. HUT DKI Jakarta sendiri jatuh pada 22 Juni 2022.

Acara tahun ini juga merupakan pencanangan nama Jakarta Hajatan untuk perayaan ulang tahun Jakarta ke depannya. Berikut ini poin-poin alasan Anies Baswedan memilih nama Jakarta Hajatan untuk rayakan HUT DKI Jakarta.

1. Kental Unsur Betawi

Anies Baswedan megatakan pemilihan nama Jakarta Hajatan memiliki filosofi yang berkaitan dengan unsur budaya Betawi.

Baca Juga: Canangkan Jakarta Hajatan di Kepulauan Seribu, Anies: Tidak Ada Kota Besar Lain di Dunia Punya Wilayah Kepulauan

“Hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah masyarakat Betawi dan kalau hajatan langsung tahu pasti ada syukurannya, ada senangnya, doa perayaannya,” ujar Anies saat pembukaan rangkaian HUT ke-495 Jakarta.

2.  Penuh Suka Cita

Menurut Anies, penamaan Jakarta Hajatan juga sangat cocok dengan perayaan ulang tahun Jakarta. Sebab, hajatan merupakan kegiatan yang dilaksanakan banyak orang dan penuh suka cita.

“Hajatan itu pasti semua orang datang. Zaman dulu masih saling bantu untuk bisa hajatan berjalan dengan baik,” jelasnya.

3. Angkat Tema Kolaborasi

Baca Juga: Gunakan Istilah Jakarta Hajatan pada HUT ke-495 DKI, Anies Beberkan Maknanya

Dalam Jakarta Hajatan edisi perdana tahun ini, Pemprov DKI mengangkat tema kolaborasi, akselerasi, elevasi. Kolaborasi artinya kerja sama, kesetaraan, serta saling mendukung. Sementara itu, akselerasi yang ingin dilakukan adalah percepatan dalam banyak pekerjaan termasuk pengembangan Kepulauan Seribu.

Komentar