facebook

Koalisi Indonesia Bersatu Beri Sinyal Usung Figur Teratas Hasil Survei Capres Cawapres, PAN: Stoknya Itu

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Koalisi Indonesia Bersatu Beri Sinyal Usung Figur Teratas Hasil Survei Capres Cawapres, PAN: Stoknya Itu
Ilustrasi -- Simulasi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. (Tangkapan layar/IPN)

"...Mungkin berubah susunannya saja. Tapi namanya tetap..."

Suara.com - Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno memberikan sinyal atau kode bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diusung mungkin akan mengusung capres-cawapres dari nama-nama figur yang sudah beredar dalam lembaga-lembaga survei.

Eddy mengatakan, menu figur yang siap untuk diusung sebagai pasangan calon sudah tersedia. Hal itu menurutnya tidak akan menyulitkan untuk koalisi menentukan pilihan pasangan calon.

"Kami sudah lihat dari berbagai survei yang ada di urutan teratas itu rasanya tidak berubah. Mungkin berubah susunannya saja. Tapi namanya tetap. Begitu juga dengan cawapres rasanya tidak banyak berubah. Jadi stoknya itu," kata Eddy dalam diskusi yang digelar di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022).

Eddy menyampaikan, nama-nama figur yang selalu berada di urutan teratas elektabilitasnya akan dijadikan pertimbangan untuk diusung KIB sebagai capres-cawapres.

Baca Juga: Koalisi Golkar, PAN, PPP Diprediksi Hanya Jadi Penyelamat Ganjar Maju di Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno (tengah) dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakpus. (Suara.com/Bagaskara).
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno (tengah) dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakpus. (Suara.com/Bagaskara).

Ia berharap nama-nama tersebut bisa menjadi calon pemimpin Indonesia ke depannya.

"Jadi kami berharap dari nama-nama yang ada itu nanti akan diusung oleh kami sebagai koalisi yang akan menjadi calon pemimpin Indonesia ke depannya," tuturnya.

Kendati begitu, Eddy menambahkan hingga kekinian KIB belum menyepakati nama untuk diusung maju di Pilpres 2024. Hal itu akan lebih dulu dibahas bersama-sama.

"Siapa namanya? Belum bisa kita pastikan karena belum kita pastikan. Nanti akan dibahas pada saatnya. Dan itu akan dibahas sama-sama diantarai ketiga (anggota) koalisi," tandasnya.

Sepakat Berkoalisi

Baca Juga: Bakal Kalah Bersaing, Pengamat Politik Sarankan Puan Maharani Jadi Negarawan dan Tak Maju di Pilpres 2024

Sebelumnya, tiga partai besar di Indonesa, yakni Golkar, PAN dan PPP sepakat berkoalisi menjelang Pemilu 2024. Kesepakatan berkolaisi itu terjadi seusai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Komentar