facebook

Bantah Ketua DPRD Jakarta Soal Bikin Tekor, Geisz Chalifah: Ancol Sangat Diuntungkan Formula E

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Bantah Ketua DPRD Jakarta Soal Bikin Tekor, Geisz Chalifah: Ancol Sangat Diuntungkan Formula E
Sirkuit Formula E Jakarta berdekatan dengan stadion JIS. (Ist)

"Ancol sangat diuntungkan."

Suara.com - Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol, Geisz Chalifah, angkat bicara soal gelaran Formula E hanya akan membuat Ancol tekor. Geisz menyatakan, justru sebaliknya kawasan wisata ini akan sangat diuntungkan karena menggelar lokasi ajang balap mobil listrik itu.

Hal ini dikatakannya sekaligus membantah pernyataan Ketua DPRD Jakarta Prasetio Edi Marsudi yang menyebut Ancol tekor karena menggratiskan masuk wahana pada pembeli tiket Formula E. Menurut Geisz, Ancol akan mendulang banyak keuntungan saat acara 4 Juni mendatang.

"Ancol sangat diuntungkan," ujar Geisz kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Salah satu keuntungannya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) disebut Geisz harus membayar uang sewa kepada Ancol dalam penggunaan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Baca Juga: Pra-Event Formula E di Monas Pajang Mobil Peserta, Tak Ada Parade seperti MotoGP Mandalika

Sebab, kedua perusahaan BUMD ini menggunakan skema business to business (B2B) dalam penyelenggaraan Formula E. Namun, ia tak merinci berapa biaya sewa tapi dipastikan kerja sama berlangsung tiga tahun sesuai kontrak Formula E di Jakarta.

"Ini bisnis biasa karena Jakpro bayar (sewa lahan). Mereka bikin berkala beberapa bulan dalam satu tahun. Tidak digunakan sepanjang tahun untuk mereka. Setelah itu kita kelola. Jadi, kita bikin simpel tapi tidak melanggar aturan. Sama-sama menguntungkan," tuturnya.

Selain itu, dampak positif lainnya adalah karena telah mengubah kawasan berlumpur menjadi sirkuit. Bahkan, dengan adanya sirkuit itu berarti akan bisa diadakan banyak acara lain di Ancol.

"Kalau di Jakarta apa sih yang enggak jalan? Dulu Jakarta enggak punya sirkuit, sekarang ada. Lalu, konser-konser di Jakarta itu banyak. Kalau ada sirkuit, (konser) bakal lebih banyak lagi," jelasnya.

Terlebih lagi, dua ikon baru Jakarta, JIEC dan Jakarta International Stadium (JIS) saling berdekatan. Ia berharap ke depannya akan ada fasilitas untuk menghubungkan keduanya.

Baca Juga: Tak Hanya Manggung, NCT Dream Bagikan Foto-foto Berwisata di Indonesia: Dari Acol Sampai ke Lokasi KKN Desa Penari

"Kebayang, enggak, Pak Anies meninggalkan dua tempat. Satu JIS, satu sirkuit. abisnonton bola, terus ada acara konser di sirkuit. Tinggal dibikinin jembatan gantung. Ini ide-ide kita aja, inisiatif," pungkasnya.

Komentar