facebook

5 Momen Kunjungan Presiden Jerman ke Yogyakarta: Sambangi UGM hingga Keraton

Agatha Vidya Nariswari
5 Momen Kunjungan Presiden Jerman ke Yogyakarta: Sambangi UGM hingga Keraton
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier bertemu Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Keraton Yogyakarta pada Jumat (17/06/2022) sore. - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier mengunjungi Yogyakarta pada Jumat, 17/06/2022 dalam rangka peringatan 70 tahun diplomatik Indonesia dengan Jerman.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengunjungi kota pelajar, Yogyakarta pada Jumat, 17 Juni 2022. Steinmeier berkunjung ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam rangka kunjungan kenegaraan sebagai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jerman.

Berikut momen kunjungan Presiden Jerman ke Yogyakarta, mulai dari menyambangi UGM hingga bertemu Sri Sultan HB X di Keraton Yogyakarta.

1. UGM Satu-satunya Perguruan Tinggi yang dikunjungi

Kunjungan Steinmeier ini dilakukan sebagai rangkaian kenegaraan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jerman. Universitas Gadjah Mada (UGM) pun menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang dikunjungi sang presiden.

Baca Juga: Bertemu Sri Sultan, Presiden Jerman Ngeteh Bareng

2. Melakukan Diskusi dan Menyaksikan Pameran Produk

Dalam kunjungannya, Steinmeier berdiskusi mengenai Food Security, Global Challenges, and Dependencies. Tidak hanya itu, Steinmeier juga menyaksikan pameran produk penelitian di Balai Senat UGM.

Diskusi tersebut diketahui diikuti oleh beberapa jajaran pimpinan dan sejumlah mahasiswa UGM serta alumni perguruan tinggi Jerman yang saat ini tengah mengabdi di salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia tersebut, sebagai dosen di berbagai fakultas.

3. Dukung Program Pangan Dunia

Dalam kunjungannya tersebut, Steinmeier mengungkapkan bahwa negaranya merupakan salah satu pendukung utama Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP). Steinmeier juga menuturkan bahwa pemerintah Jerman juga memiliki kesiapan serta kepedulian untuk membantu negara-negara dunia dalam menghadapi krisis pangan.

Baca Juga: Presiden Jerman Kunjungi Keraton Yogyakarta

Presiden Steinmeier mengaku bahwa dirinya sangat tertarik dengan isu ketahanan pangan yang ada di berbagai negara. Menurutnya, saat ini semua pihak tengah menghadapi ancaman krisis pangan.

Komentar