facebook

Penjelasan PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi Prioritas Kedua, Yuk Simak!

Rifan Aditya
Penjelasan PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi Prioritas Kedua, Yuk Simak!
Penjelasan PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi Prioritas Kedua, Yuk Simak! - PPDB Jakarta 2022 (ppdb.jakarta.go.id)

Apa itu PPDB Jakarta SMP jalur afirmasi prioritas kedua. Mari kita simak di bawah ini.

Suara.com - Bagi calon peserta didik baru SMP di Jakarta jalur afirmasi yang kehilangan kesempatan pada gelombang pertama, tenang saja. Kini ada PPDB Jakarta SMP jalur afirmasi prioritas kedua. Apa itu? Mari kita simak di bawah ini.

Merangkum situs resmi Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, jalur afirmasi adalah jalur yang disediakan untuk siswa kurang mampu, di mana mereka menerima program penanganan dari ini pemerintah pusat atau daerah. Bagaimana seleksi PPDB Jakarta SMP jalur afirmasi prioritas kedua?

Sementara jalur afirmasi prioritas kedua PPDB Jakarta 2022 adalah jalur yang disediakan untuk calon siswa baru yang masuk golongan kurang mampu, tapi masuk dalam daftar penerima bantuan dalam kategori di bawah ini.

Masih dari sumber yang sama, PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi sudah dibuka hari ini, Senin (20/6/2022) pukul 08.00 WIB. Berikut jadwal dan syarat calon siswa baru jenjang SMP Jakarta 2022 jalur afirmasi kedua:

Baca Juga: PPDB Jatim Jalur Afirmasi 2022: Ini Tata Cara Pendaftaran untuk Jenjang SMA/SMK

Jadwal PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi Prioritas Kedua

  • Pendaftaran, pemilihan sekolah dan seleksi: 20-21 Juni 2022 pukul 08.00-24.00 WIB sampai 22 Juni 2022 pukul 00.01-14.00 WIB.
  • Pengumuman: 22 Juni 2022 pukul 17.00 WIB
  • Lapor diri: 23 Juni 2022 pukul 08.00-24.00 WIB sampai 24 Juni 2022 pukul 00.01-14.00 WIB

Syarat PPDB Jakarta SMP Jalur Afirmasi Prioritas Kedua

  • Calon peserta didik baru penerima KJP Plus Tahun 2021
  • Bagi siswa yang terdaftar DTKS, namanya tercantum dalam Berita Acara Serah Terima DTKS dari Dinsos DKI Jakarta ke Disdik DKI Jakarta
  • Bagi anak sopir Trans Jakarta yang mengemudikan bus kecil, nama orangtua wajib tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinhub Provinsi DKI Jakarta
  • Bagi anak pekerja/buruh penerima Kartu Prakerja Jakarta, nama orangtua wajib tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI.

Seperti yang diketahu, proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jakarta 2022 jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK yang bisa dilalui dengan beberapa jalur sudah berlangsung sejak Mei lalu.

Peserta yang mendaftar selanjutnya dapat melihat hasil pengumuman dan melapor diri sebagai tahap akhir penerimaan calon siswa pada jenjang sekolah yang telah dipilih. 

Seperti PPDB 2022 di wilayah lainnya, PPDB Jakarta SMP jalur afirmasi prioritas kedua ini juga dilakukan sesuai dengan waktu pendaftaran, urutan pilihan sekolah dan zonasi. Semua pengumuman dan info PPDB 2022 disiarkan secara online melalui situs ppdb.jakarta.go.id. Jangan sampai ketinggalan ya.

Baca Juga: Cara Cek Hasil PPDB Jabar 2022, Lengkap dengan Syarat Daftar Ulang

Kontributor : Rima Suliastini

Komentar