facebook

Kadis LH DKI Akui Kualitas Udara Jakarta Masih Buruk, Warga Diminta Pakai Masker saat Beraktivitas

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Kadis LH DKI Akui Kualitas Udara Jakarta Masih Buruk, Warga Diminta Pakai Masker saat Beraktivitas
Kabut polusi udara menyelimuti gedung-gedung di Jakarta. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Polusi Udara Jakarta Tertinggi di Dunia, Pemprov DKI Sarankan

Suara.com - Pemprov DKI Jakarta menyarankan warga menggunakan masker selama beraktivitas, khususnya di luar ruangan. Pasalnya, untuk beberapa saat polusi udara di Jakarta begitu tinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan penggunaan masker saat ini tidak hanya disarankan karena pandemi Covid-19 saja. Dengan kondisi kualitas udara di Jakarta yang sedang menjadi terburuk di dunia, maka tindakan mencegah agar tidak terkena penyakit juga dianjurkan.

“Kalau memang butuh tolong gunakan masker, tidak hanya pandemi, kami harapkan dengan gunakan masker dapat memaparkan kita dari kondisi udara yang masih buruk saat ini,” ujar Asep di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Selain penggunaan masker, Asep juga menyarankan para pengguna kendaraan bermotor untuk beralih ke transportasi umum. Jika memang ingin memakainya, maka disarankan untuk melakukan uji emisi lebih dulu.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Buruk, DLH DKI ke Warga: Keluar Rumah Pakai Masker

“Lakukan uji emisi untuk kendaraan bermotor kita, baik roda dua atau empat kewajiban uji emisi paling tidak setahun dua kali,” ungkapnya.

Saran terakhir, jika memang memungkinkan maka warga disarankan menggunakan kendaraan dengan bahan bakar bersih dan terbarukan.

“Keempat gunakan bahan bakar ramah lingkungan, jadi tolong teman-teman kalau menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” pungkasnya.

Komentar