facebook

Kader PDI Perjuangan Munculkan Nama Gibran dan Risma untuk Diusung Jadi Cagub DKI, Tapi Keputusan Ada di Megawati

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Kader PDI Perjuangan Munculkan Nama Gibran dan Risma untuk Diusung Jadi Cagub DKI, Tapi Keputusan Ada di Megawati
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kiri) diusulkan kader maju di Pilgub Jakarta. [Dok. PDIP]

PDI Perjuangan masih melihat kinerja dari dua nama tersebut.

Suara.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi dua nama yang muncul di kalangan kader PDI Perjuangan untuk diusung menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga dalam sebuah diskusi bertajuk "Batu Loncatan Gibran di Kontestasi Pilgub 2024".

Dua nama itu, kata Eriko, merupakan usulan dari kader PDI Perjuangan di level bawah. Ditambah, dengan situasi Ibu Kota kekinian yang banyak hal menjadi perhatian.

“Tapi saya sebutkan dari kader itu menyebutkan yang paling ramai itu sebenarnya adalah mas Gibran dan bu Risma untuk Jakarta,” kata Eriko di Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga: Menyoal Ucapan Megawati Bernada Rasis, Arie Kriting dan Gus Nadir Berdebat di Twitter

Meski nama Gibran dan Risma yang muncul untuk menjadi calon orang nomor satu di DKI Jakarta, papar Eriko, bukan bukan berarti partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri langsung memberikan keputusan pada satu dari dua nama tersebut.

“Nah ini saya bilang dari kader-kader kami. Ini saya tidak bilang ini mengerucut ke dalam satu keputusan itu tidak,” kata dia.

Menurut Eriko, PDI Perjuangan masih melihat kinerja dari dua nama tersebut. Khusus Gibran, ini menjadi ujian untuk merampungkan tugasnya dulu di Solo.

“Kita lihat satu dua tahun ke depan tapi kita tentu menyadari bahwa partai memberikan kesempatan seluas luasnya kepada kader untuk bisa menata di tempat yang lebih tinggi. Dan ini menjadi ujian untuk mas Gibran juga untuk menyelesaikan tugasnya di Solo,” bebernya.

Eriko melanjutkan, keputusan pengusungan calon Gubernur berada di tangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara, Sekjen PDP: Indonesia Harus Punya Daya Tahan dari Ancaman Krisis Pangan

“Mengenai siapa yang diputuskan, ya tentunya nanti Ketua Umum pada saat menjelang. Tapi endorsemen kan juga harus, why? Kan untuk menunjukkan kinerja dan prestasinya. Menunjukkan bahwa memang layak di endorse,” tandas Eriko.

Komentar