facebook

Selain Jokowi, Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Kunjungi Ukraina di Tengah Perang

Ruth Meliana Dwi Indriani
Selain Jokowi, Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Kunjungi Ukraina di Tengah Perang
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo (Instagram/@jokowi)

Presiden Jokowi terbang ke Ukraina untuk membawa misi perdamaian. Tidak hanya Presiden Jokowi, pemimpin negara lain juga mendatangi Ukraina untuk misi perdamaian.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara. Bersama Iriana Widodo, Jokowi bakal mengunjungi Ukraina dan Rusia, untuk bertemu masing-masing presiden negara yang tengah berkonflik itu. 

Presiden Jokowi membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina dan diagendakan untuk bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam misi perdamaian.

Tidak hanya Presiden Jokowi, empat pemimpin dunia yang menjadi kepala negara juga mengunjungi Ukraina. Siapa sajakah mereka?

Menyadur Time, ini daftar pemimpin hingga tokoh dunia yang menginjakkan kaki di Ukraina di tengah konflik dengan Rusia. 

Baca Juga: Agenda Jokowi di Ukraina, Kunjungi Puing-puing Peperangan

1. Presiden Prancis

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengunjungi Ukraina yang sedang dilanda perang tersebut pada 16 Juni lalu. Ia datang bersama dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Kedatangan mereka merupakan bentuk solidaritas untuk Ukraina. Macron berjanji pihaknya akan mengirim enam senjata artileri. Orang nomor satu di Prancis itu juga mendukung upaya Ukraina untuk mengamankan Uni Eropa.

2. Presiden Komisi Eropa

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen juga sebelumnya pergi ke Ukraina pada 11 Juni 2022. Kedatangan Presiden Komisi Eropa tersebut bertujuan untuk membahas keanggotan Uni Eropa. 

Baca Juga: Sepak Terjang Mayjen Tri Budi Utomo, Pengawal Jokowi di Ukraina dan Rusia

3. Perdana Menteri (PM) Inggris

Boris Johnson juga berangkat ke Kyiv menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada 9 Mei 2022 lalu. Dalam pertemuan, Perdana Menteri Inggris ini mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan paket berupa bantuan militer dan juga uang ke Ukraina.

4. Sekjen PBB

Antonio Guterres yang merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pada 28 Mei 2022 lalu juga mengunjungi Ukraina. 

Ia pergi mengunjungi kota Borodyanka atau Borodiank yang menjadi lokasi temuan mayat sipil sepeninggal pasukan Rusia.

5. Kanselir Jerman

Olaf Scholz sebagai Kanselir Jerman juga secara terang-terangan mendukung Uni Eropa, Ukraina. Ia mendatangi Ukraina pada 16 Juni 2022 lalu. Jerman menyebut bahwa Ukraina merupakan bagian integral dari Eropa.

Pihaknya mendatangi Kyiv Ukraina dengan pesan yang jelas bahwa Ukraina milik keluarga Eropa. Jerman menginginkan keputusan positif yang mendukung Ukraina sebagai negara kandidat Uni Eropa. 

6. Perdana Menteri Italia

Perdana Menteri Italia, Mario Draghi juga mendatangi Ukraina untuk mendukung bergabungnya Ukraina sebagai kandidat Uni Eropa.

Pihaknya menyebut bahwa perjalanan yang mereka lakukan ke Ukraina adalah bahwa Italia menginginkan Ukraina di Uni Eropa. 

7. Perdana Menteri Kanada

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau juga sudah sejak lama melakukan kunjungan ke Ukraina pada 8 Mei 2022. Pihaknya melakukan diskusi untuk mendapatkan bantuan kemanusaian, keuangan, dan tambahan militer dari komunitas internasional. 

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Komentar