facebook

Lancarkan Misi Perdamaian, Akhirnya Jokowi Empat Mata dengan Presiden Ukraina Zelenskyy

Ria Rizki Nirmala Sari
Lancarkan Misi Perdamaian, Akhirnya Jokowi Empat Mata dengan Presiden Ukraina Zelenskyy
Pertemuan tete-a-tete antara Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pertemuan tersebut dilakukan Jokowi untuk membuka ruang dialog antara Ukraina dengan Rusia.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Pertemuan tersebut dilakukan Jokowi untuk melancarkan misi perdamaian antara Ukraina dengan Rusia.

Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/6/2022) sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Presiden Zelenskyy langsung menyambut kedatangan Jokowi.

Setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan tete-a-tete.

Jokowi hadir menemui Presiden Zelenskyy bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Soal Perbedaan Idul Adha 1443 H, Ketua Komisi VIII DPR: Jangan Gara-gara Perbedaan, Umat Terpecah Belah

Presiden Jokowi disambut Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev  - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi disambut Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pertemuan tersebut dilakukan Jokowi untuk membuka ruang dialog antara Ukraina dengan Rusia.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian. Karena memang perang harus dihentikan," kata Jokowi dalam pernyataan pers.

Setelah ke Ukraina, Kepala Negara akan bertolak menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Maksud dari pertemuannya itu ialah untuk meminta Rusia menghentikan perang.

"Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang."

Baca Juga: Ammar Zoni Beradegan Mesra dengan Artis Lain, Irish Bella Kena Tegur: Kok Diizinin Suaminya Peran Gitu

Komentar