facebook

10 Link Twibbon Hari Bhayangkara 2022, Ayo Semarakkan HUT Polri

Rifan Aditya
10 Link Twibbon Hari Bhayangkara 2022, Ayo Semarakkan HUT Polri
Twibbon Hari Bhayangkara. (Twibbonize)

Yuk pasang twibbon Hari Bhayangkara di media sosial.

Suara.com - Kepolisian Republik Indonesia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-76 pada tanggal 1 Juli 2022. Untuk menyemarakkannya, ayo ramai-ramai kita pasang twibbon Hari Bhayangkara di media sosial dan aplikasi WhatsApp.

Tidak perlu repot mencari, sebab Suara.com telah merangkum beberapa twibbon Hari Bhayangkara pilihan yang dapat anda gunakan. Cek langsung linknya di akhir tulisan ini.

Organisasi polisi di Republik Indonesia sebenarnya pertama kali terbentuk pada 21 Agustus 1945. Lalu muncul pertanyaan, mengapa Hari Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli? 

Sejarah Polisi di Indonesia

Baca Juga: Segera Cair 1 Juli 2022, Berapa Gaji ke-13 Pensiunan?

Setelah Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, Jepang melucuti seluruh tentara baik Heiho dan PETA, kecuali polisi dan Tokubetsu Keisatsu Tai atau Polisi Istimewa yang tidak dilucuti.

Merangkum buku 'Pasukan Polisi Istimewa Prajurit Istimewa dalam Perjuangan Kemerdekaan di Jawa Timur', polisi dan anggota Tokubetsu Keisatsu Tai langsung bertindak saat mendengar kabar proklamasi kemerdekaan RI.

Pada 21 Agustus 1945, Polisi Istimewa diproklamasikan sebagai Polisi Republik Indonesia dengan menetapkan M Jasin sebagai Komandan. 

Menurut website resmi Polri, keberadaan polisi saat itu berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara dan hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan urusan operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah lalu menetapkan Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri pada 1 Juli 1946. Itulah sejarah polisi di Indoensia.

Baca Juga: Hari Bhayangkara 2022 Diperingati 1 Juli, Inilah Makna Tema dan Logonya

Twibbon Hari Bhayangkara

Komentar