facebook

Disinggung Putin di Depan Jokowi, Apa Saja Jasa Rusia buat Indonesia?

Ruth Meliana Dwi Indriani
Disinggung Putin di Depan Jokowi, Apa Saja Jasa Rusia buat Indonesia?
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev

Saat Jokowi berunding dengan Putin, sosok presiden Federasi Rusia tersebut singgung jasa negaranya bagi Indonesia di depannya. Apa saja?

Suara.com - Kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia membuahkan beberapa bahasan terkait dengan masa depan konflik Ukraina-Rusia, hingga hubungan bilateral dengan Indonesia. Adapun Presiden Rusia, Vladimir Putin menyinggung jasa negaranya kepada Indonesia sepanjang sejarah.

Secara gamblang, Putin menyebut bahwa bangsa Rusia dan Indonesia sudah sejak lama menjalin hubungan persahabatan. Bahkan Putin juga menyebut beberapa jasa yang telah ditorehkan oleh bangsa Rusia dalam pembangunan Republik Indonesia.

"Izinkan saya mengingatkan kepada Anda (Jokowi) bahwa bangsa kami telah memberikan segenap bantuan untuk Indonesia dalam pembangunan bangsa dan negara, serta memperkuat posisi republik muda anda dalam kancah internasional," ujar Putin ke Jokowi dikutip dalam keterangan rilis pers Presiden Rusia, terbit Kamis (30/7/2022).

Berikut jasa Rusia ke Indonesia yang disebutkan oleh Putin dalam pertemuan bilateral tersebut.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Putin Singgung Jasa Rusia kepada Indonesia pada Masa Kemerdekaan

1. Menjalin kerjasama dagang

Putin menyebut bahwa Rusia telah menjadi rekan dagang Indonesia yang baik. Terbukti bahwa pada 2021 lalu, perdagangan Indonesia-Rusia meningkat sebesar 40 persen dan kini menjadi 65 persen pada enam bulan di tahun ini.

Putin juga menekankan bahwa baik dari Indonesia dan Rusia sama-sama menghendaki untuk menjalin kerjasama dagang lebih lanjut, melalui Komisi Dagang Bersama Indonesia-Rusia.

2. Punya segudang perusahaan yang beroperasi Indonesia

Putin menyebut bahwa banyak perusahaan milik Rusia yang beroperasi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang energi, seperti BUMN Rosatom milik Rusia. 

Baca Juga: Putin Minta Indonesia Ingat Jasa Rusia Terhadap Indonesia

Melalui perusahaan tersebut, Putin mengungkap ketertarikannya untuk menjalin proyek kerjasama dengan Indonesia perihal pemanfaatan energi nuklir. Selain itu, kerjasama pemanfaatan nuklir juga akan meliputi bidang lainnya seperti kesehatan dan pertanian.

Komentar