facebook

Bantu Rampungkan Musik Tarian Golek Surakarta, Menparekraf Sandiaga: Nggak Pakai Lama

Chandra Iswinarno | Muhammad Yasir
Bantu Rampungkan Musik Tarian Golek Surakarta, Menparekraf Sandiaga: Nggak Pakai Lama
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabaming Raka dan penari golek asal Surakarta, Dzari Wahyu (21). [Dok. Kemenparekraf]

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantu merampungkan musik pengiring penari golek asal Surakarta, Dzari Wahyu (21).

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantu merampungkan musik pengiring penari golek asal Surakarta, Dzari Wahyu (21). Tarian ini diciptakan Dzari dan pertama kalinya disaksikan langsung oleh Sandiaga dalam acara Workshop Kabupaten dan Kota Kreatif di Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (2/7/2022).

Sandiaga awalnya meminta Dzari menampilkan tarian golek yang diciptakannya itu. Namun, Sandiaga terkejut dan heran ketika melihat tarian tersebut tanpa diiringi musik.

"Musiknya nggak ada nih?" tanya Sandiaga.

Dzari dengan jujurnya menjawab, tarian golek yang diciptakannya memang belum memiliki musik pengiring. Sebab dia mengaku terkendala biaya untuk menyewa gamelan.

Baca Juga: Digelar Lagi, Sandiaga Uno Ajak Wisatawan Hadiri Dieng Culture Festival 2022

"Mohon maaf pak, musiknya itu masih dalam proses pembuatan. Karena kita belum ada dana untuk membuat musiknya. Tapi gerakannya sudah ada, hanya tinggal untuk bikin musiknya belum," tutur Dzari.

Mendengar penjelasan Dzari, Sandiaga kemudian berjanji akan membantu merampungkan musiknya.

"Nggak pakai lama, nggak pakai ribet, diberikan bantuan supaya musiknya dari tari golek ini bisa segera terwujud," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menyampaikan apresiasinya kepada Dzari yang telah melestarikan seni tari.

Dia berharap apa yang dilakukan Dzari dalam menciptakan seni tari dan membuka sanggar tari gratis dapat menginspirasi anak muda lainnya di tanah air.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Nonton Dream Theater, Gibran: Ya Beli Tiket To

"Mudah-mudahan nanti berikutnya bisa memberikan kesempatan yang muda-muda. Karena ini katanya tidak dipungut biaya ya, di sanggar ini kita harapkan kedepan musiknya ini bisa kita ciptakan," kata Sandiaga.

Komentar