facebook

Jokowi Akan Berkomunikasi dengan Megawati Cari Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan-RB

Erick Tanjung | Bagaskara Isdiansyah
Jokowi Akan Berkomunikasi dengan Megawati Cari Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan-RB
Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Masinton Pasaribu. (Suara.com/Ria Rizki)

"Ya nantikan pastinya itu domainnya presiden. Nah tentu presiden akan mengkomunikasikan dengan ibu Megawati karena almarhum Pak Tjahjo merupakan kader PDIP," kata Masinton.

Suara.com - Politisi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan komunikasi dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarputeri untuk mencari pengganti Tjahjo Kumolo sebagai menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Ya nantikan pastinya itu domainnya presiden. Nah tentu presiden akan mengkomunikasikan dengan ibu Megawati karena almarhum Pak Tjahjo merupakan kader PDIP," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (4/7/2022).

Masinton sesumbar PDIP sendiri memilki banyak persediaan kader yang dianggap layak untuk mengisi kursi menteri.

"Kalau PDIP ya pasti memiliki banyak stok kader untuk menggantikan itu," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Ini Kata Mahfud MD

Lebih lanjut, terkait dengan penugasan, kata dia, semua menjadi kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri. Menurutnya, Megawati akan memilih figur yang layak.

"Nah tentu nanti penugasan dari kader itu adalah untuk duduk di kementerian dan penugasan lainnya adalah oleh DPP partai dalam hal ini ibu ketua umum, ibu Megawati Soekarnoputri nanti yang akan menugaskan siapa nanti akan kader yang menggantikan almarhum Pak Tjahjo Kumolo," tuturnya.

Pengganti Tjahjo

Meninggalnya Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7) lalu menyisakan pertanyaan sosok yang akan menggantikannya menduduki jabatan kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selanjutnya.

Menurut Direktur Eksekutif Centre of Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa, posisi tersebut nantinya tetap akan diisi kader dari PDI Perjuangan.

Baca Juga: Ditanya Siap Isi Kursi MenPAN RB, Djarot PDIP Cuma Geleng-geleng Kepala

“Figur untuk menduduki jabatan MenPANRB itu pasti berasal dari PDI Perjuangan,” kata Herry Mendrofa seperti dikutip Wartaekonomi.co.id-jaringan Suara.com.

Komentar