facebook

Jelang Puncak Haji, Arab Saudi Siapkan 23 Rumah Sakit dan 147 Pusat Kesehatan di Mekkah dan Madinah

Pebriansyah Ariefana
Jelang Puncak Haji, Arab Saudi Siapkan 23 Rumah Sakit dan 147 Pusat Kesehatan di Mekkah dan Madinah
Jemaah haji mulai tiba di Arafah, Arab Saudi [Dok: MCH 2022]

Sementara itu, empat rumah sakit dan 26 puskesmas juga siap merawat jemaah haji di Mina.

Suara.com - Arab Saudi siapkan 23 rumah sakit dan 147 pusat kesehatan di Mekkah dan Madinah jelang puncak haji atau wukuf di Arafah. Negara itu ingin memastikan kesehatan dan keselamatan para jemaah haji 2022 yang jumlahnya hampir satu juta orang.

Kini Arab Saudi tengah dilanda cuaca terik.

Sementara itu, empat rumah sakit dan 26 puskesmas juga siap merawat jemaah haji di Mina.

Ada lebih dari 1.000 tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan lebih dari 200 khusus untuk pasien heatstroke, dan lebih dari 25.000 tenaga kesehatan siap untuk menanggapi kasus yang muncul.

Baca Juga: Keajaiban di Padang Arafah dan Berbagai Kisahnya yang Bermakna

"Semuanya berjalan baik sejauh ini. Saya telah banyak berpindah-pindah dan melihat aturan dihormati," kata Faten Abdel Moneim, 65, ibu empat anak dari Mesir, dikutip dari TimesIndoensia (Jaringan Suara.com).

Kamis hari ini dia akan melakukan perjalanan menuju tenda yang luas di Mina, sekitar 5 kilometer dari Masjidil Haram, menjelang ritual utama di Gunung Arafat, di mana Nabi Muhammad SAW menyampaikan khotbah terakhirnya.

Satu juta Muslim yang divaksinasi penuh, termasuk 850.000 dari luar negeri, diizinkan pada haji tahun ini, setelah dua tahun jumlahnya dibatasi karena pembatasan pandemi virus corona.

Pada tahun 2019 sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia mengambil bagian dalam haji, tetapi setelah itu pandemi memaksa perampingan.

Hanya 60.000 penduduk Kerajaan yang divaksinasi penuh yang ambil bagian pada tahun 2021, naik dari beberapa ribu pada tahun 2020.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Siti Nur Azizah Ma'ruf: Pernah Nyalon di Pilkada, Kini Kelola Biro Haji Furoda

Komentar