Bacaan Sholat Dhuha 2 Rakaat, Lengkap dengan Niat dan Tata Cara

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Sholat Dhuha 2 Rakaat, Lengkap dengan Niat dan Tata Cara
Ilustrasi sholat - bacaan sholat dhuha 2 rakaat (Pexels)

Pelaksanaan sholat dhuha 2 rakaat harus sesuai dengan tata cara. Harus berurutan dan dilaksanakan dengan khusyuk.

Suara.com - Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Melaksanakan sholat dhuha akan mendapatkan pahala yang besar. Sholat dhuha bisa dilaksanakan dalam dua atau empat rakaat. Bacaan sholat dhuha 2 rakaat akan kita bahas di bawah ini. 

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

Untuk memulai sholat dhuha 2 rakaat sama seperti sholat fardhu dan sholat sunnah lainnya. Kita harus mulai dengan membaca niat sholat dhuha 2 rakaat. Bunyi niat sholat dhuha dua rakaat adalah sebagai berikut:

Ushalli sunnatad dhuh rak‘ataini lillhi ta‘l." 

Baca Juga: Bacaan Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri di Rumah, dari Niat hingga Salam

Artinya: "Aku menyengaja salat sunah duha dua rakaat karena Allah SWT."

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat 

Pelaksanaan sholat dhuha 2 rakaat harus sesuai dengan tata cara. Harus berurutan dan dilaksanakan dengan khusyuk.  Berdasarkan uraian dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (2017) yang ditulis Muhammad Ahsan dan Sumiyati, berikut tata cara sholat dhuha 2 rakaat:

  1. Berdiri menghadap kiblat
  2. Lafalkan niat shalat dhuha 
  3. Lakukan takbiratul ihram sambil membaca niat dalam hati 
  4. Baca doa iftitah 
  5. Baca surat al-fatihah 
  6. Lanjutkan baca surat pendek dalam Al-Qur'an 
  7. Rukuk
  8. Iktidal
  9. Sujud pertama 
  10. Duduk di antara dua sujud pertama
  11. Berdiri dan melaksanakan takbiratul ihram untuk rakaat kedua
  12. Lanjutkan baca doa iftitah, surat pendek, rukuk, iktidal, 
  13. Sujud kedua
  14. Duduk di antara dua sujud, dan melaksanakan salam.

Surat yang dibaca saat sholat dhuha

 Dalam melaksanakan sholat dhuha, ada bacaan surat pendek yang disarankan untuk dibaca. Dikutip dari laman Islam.nu.or.id, bacaan surat pendek itu adalah surat Was-syamsi wa dhuhaha (rakaat pertama) dan Qul ya ayyuhal kafirun (rakaat kedua). Berikut bacaan latin Was-syamsi wa dhuhaha (rakaat pertama) secara lengkap.

Baca Juga: Apakah Jam 11 Masih Bisa Sholat Dhuha? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Wasy-syamsi wa uh. Wal-qamari i talh.Wan-nahri i jallh. Wal-laili i yagsyh.Was-sam'i wa m banh. Wal-ari wa m ah.Wa nafsiw wa m sawwh. Fa alhamah fujrah wa taqwh.Qad aflaa man zakkh. Wa qad khba man dassh.Kaabat amdu biagwh. Iimba‘aa asyqh.Fa qla lahum raslullhi nqatallhi wa suqyh. Fa kaabhu fa ‘aqarh fa damdama ‘alaihim rabbuhum biambihim fa sawwh.Wa l yakhfu ‘uqbh.

Artinya:

Demi matahari dan sinarnya pada waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), demi bulan saat mengiringinya, demi siang saat menampakkannya, demi malam saat menutupinya (gelap gulita), demi langit serta pembuatannya, demi bumi serta penghamparannya, dan demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)-nya, lalu Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu) dan sungguh rugi orang yang mengotorinya. (Kaum) Samud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas ketika orang yang paling celaka di antara mereka bangkit (untuk menyembelih unta betina Allah). Rasul Allah (Saleh) lalu berkata kepada mereka, “(Biarkanlah) unta betina Allah ini beserta minumannya. Namun, mereka kemudian mendustakannya (Saleh) dan menyembelih (unta betina) itu. Maka, Tuhan membinasakan mereka karena dosa-dosanya, lalu meratakan mereka (dengan tanah). Dia tidak takut terhadap akibatnya."

Doa dan Dzikir sesudah sholat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, dianjurkan untuk tidak langsung berdiri tapi baca doa dan dzikir terlebih dahulu. Adapun doa yang dianjurkan dalam laman NU Online adalah sebagai berikut:

"Allhumma innad dhuh’a dhuh’uka, wal bah’a bah’uka, wal jamla jamluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka." 

"Allhuma in kna rizq fis sam’i fa anzilhu, wa inkna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kna harman fa thahhirhu, wa inkna ba‘dan fa qarribhu, bi haqqi duh’ika wa bah’ika wa jamlika wa quwwatika wa qudratika. tin m atayta ‘ibdakas shlihn." 

Artinya: "Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah duha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu."

"Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah.  Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit [kudapat], mudahkanlah. Jika [tercampur tanpa sengaja dengan yang] haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh."

Demikian itu bacaan doa sholat dhuha 2 rakaat untuk Anda. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh