Satu Per Satu 4 Pentolannya Mengundurkan Diri, Ada Apa Dengan PSI?

Bangun Santoso
Satu Per Satu 4 Pentolannya Mengundurkan Diri, Ada Apa Dengan PSI?
Para petinggi PSI bersama para kader di Istana Kepresidenan. (Suara.com/Ummi HS)

Dua dari empat pentolan PSI yang mengundurkan diri karena lebih mendukung Anies Baswedan

Suara.com - Satu per satu pentolan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengundurkan diri. Terbaru adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayan atau DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar.

Michael memilih resign dari PSI karena menilai partai berlambang tangan memegang bunga mawar itu sudah berubah dari awal pembentukannya.

Hanya saja, Michael tak menjelaskan secara rinci bagaimana kondisi PSI sekarang dibanding awal berdiri. Ia hanya menyatakan, perjuangan politik yang dimilikinya dapat dilanjutkan di PSI.

“Seiring berjalannya waktu, partai yang saya bayangkan dan cita-citakan, yang saya ketahui di awal, sudah jauh berubah sekarang. Sudah saatnya saya pamit dan undur diri dari PSI,” ujar Michael kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Buntut Usul Cak Imin, Ramai Parpol Setuju Gubernur Dipilih Presiden, Siapa Saja?

Michael pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para Anggota PSI lain yang selama ini berjuang bersamanya. Ia mengaku sudah bergabung dengan PSI sejak tahun 2015.

“Pernah juga menjadi pengurus dari tingkat kota hingga DPP. Banyak hal yang sudah saya lakukan bersama rekan-rekan di PSI. Namun dengan berat hati, sudah saatnya saya mengundurkan dari dari partai yang saya cintai ini,” kata Michael.

Michael adalah ketua PSI di Jakarta sejak tahun 2017 hingga 2022. Sebelumnya, Michael pernah juga menjabat ketua PSI di Kota Jakarta Pusat di tahun 2015-2017 dan pengurus DPP PSI di tahun 2021-2022.

Digantikan Grace Natalie

Suara.com
Grace Natalie

Uniknya, selepas Michael mundur, posisinya kemudian digantikan oleh Grace Natalie yang sebelumnya pernah menjabat Ketua Umum PSI dan saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina PSI.

Baca Juga: Relawan Anies Baswedan Serang Balik Grace Natalie: Urus Saja PSI

Grace menggantikan Michael dengan status Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PSI DKI Jakarta.