Adu Harta Rafael Alun, Eko Darmanto, Andho Pramono dan Sudarman, Siapa Paling Kaya?

M Nurhadi
Adu Harta Rafael Alun, Eko Darmanto, Andho Pramono dan Sudarman, Siapa Paling Kaya?
Pegawai pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo diperiksa KPK selama delapan jam di Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023). [Suara.com/Yaumal]

Berikut ini ulasan mengenai Perbandingan Harta Rafael Alun, Eko Darmanto, Andho Pramono dan Sudarman Harjasaputra yang belakangan ini tengah mencuri perhatian publik.

Suara.com - Gaya hidup mewah para pejabat pemerintah selalu mencuri perhatian publik. Seperti akhir-akhir ini, sejumlah mantan pegawai Kemenkeu (Kementrian Keuangan) memamerkan kekayaannya melalui media sosial. 

Adapun beberapa nama mantan pegawai Kemenkeu yang kerap memamerkan kekayaannya yaitu Rafael Alun Trisambodo, Eko Darmanto, Andho Pramono dan Sudarman Harjasaputra. 

Mereka ini diketahui serbagai eks pegawai Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai Kemenkeu. Nah untuk selengkapnya, berikut ini perbandingan Harta Rafael Alun, Eko Darmanto, Andho Pramono dan Sudarman Harja yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Rafael Alun Trisambodo

Baca Juga: Bantah TPPU, KPK Tetap Bakal Lakukan Penyelidikan terhadap Eks Pejabat Pajak Rafael Alun

Berdasarkan LHKPN, harta milik Rafael per tahun 2021 mencapai angka Rp56,1 miliar. Jumlah tersebut dinilai jauh di atas kekayaan  Suryo Utomo selaku Direktur Jenderal Pajak (atasan Rafael) yang hartanya Rp14,4 miliar.

Rafael saat ini sudah dicopot dari jabatannya dan dipecat tidak terhormat sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Rafael juga hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan di KPK.

2. Eko Darmanto

Eko Darmanto merupakan eks Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta. Namanya juga menjadi sorotan usai berfoto naik helikopter pribadi dan  menggunakan kendaraan mewah. Usai dilakukan penyelidikan, terbukti ada sejumlah aset miliknya yang tak dilaporkan dalam LHKP.

Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Berdasarkan data LHKPN per tahun 2022, Eko memiliki harta kekayaan sebesar Rp15.739.604.391. Selain itu, dia juga memiliki utang Rp9.018.740.000. Maka jika ditotal, jumlah kekayaannya mencapai Rp6.720.864.391. Saat ini, Eko sudah dicopot dari jabatannya. 

Baca Juga: Sudah Sebulan Ditahan, Mario Dandy Tak Pernah Dijenguk Keluarga

3. Andhi Pramono